Apple Buka Suara Soal iPhone 14 Series Bermasalah, FaceTime dan iMessage Error

Iphone 14 Baru saja dirilis namun pengguna mengeluhkan aplikasi FaceTime dan iMessage error dan tidak dapat berfungsi, Apple buka suara dan beri solusi

Apple Buka Suara Soal iPhone 14 Series Bermasalah, FaceTime dan iMessage Error
Apple buka suara iPhone 14 series memang ada masalah. Gambar : REUTERS/Carlos Barria

BaperaNews - Smartphone terbaru dari Apple, iPhone 14 all series telah dijual di sejumlah Negara mulai pekan ini, sejumlah situs teknologi salah satunya CNET sudah membeli dan menilainya.

CNET memuji dan menyebut ponsel ini begitu manis dan bagus untuk semua orang.

iPhone 14 adalah ponsel dengan peningkatan hebat yang akan memberi Anda masa penggunaan baterai lebih baik, kinerja meningkat, layar jauh lebih baik, daya tahan dan kamera bagus, serta fitur keselamatan optimal seperti SIS dan deteksi tabrakan dari satelit” kata ulasan CNET.

Namun baru saja dirilis, tiga serinya yakni iPhone 14, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max justru sudah bermasalah dalam hal aktivasinya.

Apple Mengakui Masalah di Iphone 14 Series

Apple mengunggah sebuah pernyataan resmi bahwa iOS 16.0 bermasalah aktivasinya, membuat aplikasi FaceTime dan iMessage tidak bisa berfungsi dengan baik ketika iPhone 14 pertama kali dihidupkan.

Masalah yang muncul diantaranya sulit menerima pesan iMessage, sulit melakukan panggilan FaceTime, muncul gelembung biru ketika menghubungi pengguna lain, percakapan di Messages tampil di dua utas berbeda, dan penerima melihat pesan yang diterima datang dari akun yang salah.

Baca Juga : Simak Daftar Harga iPhone 14, 14 Plus, 14 Pro, dan 14 Pro Max

Apple kemudian menjelaskan bahwa masalah yang terjadi karena bug set up.

Untungnya, Apple segera temukan solusinya, dengan update ke iOS 16.0.1, update diluncurkan sehari sebelum penjualan iPhone 14 dibuka dan masalah terkait iMessage dan FaceTime diklaim bisa teratasi dengan memperbarui ke sistem terbaru tersebut.

iPhone 14 yang baru dibeli konsumen mungkin meminta pengguna untuk update dulu ke sistem operasi sebelum menuju halaman utama, jika tidak muncul peringatan update, pengguna diminta untuk update secara manual melalui menu Setting - General - Software Update.

Jika masih muncul masalah usai update dilakukan, pengguna perlu mengotak-atik pengaturan di iMessage yakni melalui Setting - Cellular, pastikan iPhone sudah terhubung dengan jaringan internet yang baik.

Selanjutnya buka menu Setting - Messages - Send & Receive. Masukkan nomor telepon yang ingin dipakai untuk iMessage, kemudian buka Setting - FaceTime, masukkan kembali nomor yang dipakai.

Maka secara otomatis reset dan proses aktivasi dilakukan, dengan demikian iPhone 14 yang baru dibeli sudah bisa dipakai dan berfungsi secara normal.

Selamat mencoba!

Baca Juga : Tolak Lakukan Sinkron iMessage Dengan SMS Andorid, CEO Apple: Belikan Ibumu iPhone