Aminah Cendrakasih 'Mak Nyak' Si Doel Meninggal Dunia

Pemeran Mak Nyak dalam serial tv Si Doel Anak Sekolahan meninggal dunia pada Rabu (21/12). Mak Nyak Si Doel meninggal akibat mengidap penyakit glaukoma yang ia derita selama 10 tahun.

Aminah Cendrakasih 'Mak Nyak' Si Doel Meninggal Dunia
Aminah Cendrakasih 'Mak Nyak' Si Doel meninggal dunia. Gambar : Instagram/@sidoelanaksekolahan

BaperaNews - Aminah Cendrakasih pemeran 'Mak Nyak' di serial televisi Si Doel Anak Sekolahan meninggal dunia pada usia 84 tahun, Rabu (21/12). Mak Nyak akan dimakamkan pada hari ini Kamis, (22/12) pukul 10.00 WIB di Karet Bivak. Adapun makam Mak Nyak akan disatukan dengan makam ibunya, Mak Wok (Willy Sutinah).

Diketahui Mak Nyak meninggal dunia akibat penyakit Glaukoma yang telah ia derita selama 10 tahun dan tak lagi beraktivitas dan hanya bisa terbaring di tempat tidur karena mengalami kelumpuhan.

Adapun, penyakit glaukoma yang menyerang Mak Nyak Si Doel hingga meninggal dunia diakibatkan adanya kerusakan saraf optik yang disebabkan akibat tekanan di dalam mata yang mengakibatkan kehilangan penglihatan.

Meski tersungkur lemah akibat penyakit glaukoma, Aminah Cendrakasih tetap terlihat semangat terlibat dalam film Si Doel The Movie yang tayang pada 2018.

Baca Juga : Pemain Suami-Suami Takut Istri, Otis Pamutih Meninggal Dunia

Kabar tentang Mak Nyak Si Doel meninggal dunia membuat banyak jagat seni peran sangat kehilangan akan sosoknya, beberapa karangan bunga menghiasi rumah duka yang diberikan oleh saluran televisi hingga institusi pemerintah, termasuk ucapan belasungkawa dari komunitas artis senior yang terpajang di dekat teras rumah Mak Nyak Si Doel.

Sebagai informasi, Aminah Cendrakasih lahir pada 29 Januari 1938, ia merupakan salah satu nama besar di dunia perfilman Indonesia di era 50-an. Tak kurang dari 101 judul film telah ia bintangi sejak 1955 sampai 1989. 

Tak hanya berprofesi sebagai aktris, Mak Nyak juga merupakan seorang model. Namanya mulai dikenal setelah membintangi film Serampang 12 (1956) dan Asmara Dara (1958). 

Aminah Cendrakasih atau Mak Nyak merupakan putri dari aktris Indonesia yaitu Wolly Sutinah. Di luar kegiatannya di bidang film, ia aktif di organisasi HSBI dan Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB). Di LKB ia pernah menjabat Ketua I Divisi Kesenian. 

Baca Juga : Ibu Muda 32 Tahun Meninggal Dunia Usai Melahirkan Anak Kesepuluh