Alasan Said Fikriansyah Dituding Sebagai Hacker Bjorka

Pengakuan akun Instagram @volt_anonym yang membuka identitas Bjorka dengan beberapa alasan, simak alasan kuat Said Fikriansyah diduga Hacker Bjorka

Alasan Said Fikriansyah Dituding Sebagai Hacker Bjorka
Alasan Said Fikriansyah dituding sebagai hacker Bjorka. Gambar : Detik.com/Ony Syahron

BaperaNews - Sebuah akun Instagram @volt_anonym mengklaim mengetahui identitas asli Bjorka. Hacker yang baru-baru ini viral karena mengunggah dan menjual jutaan data milik pemerintah Indonesia.

Menurutnya, sosok di balik Hacker Bjorka bernama asli Muhammad Said Fikriansyah, seorang remaja asal Cirebon, Jawa Barat. Benarkah tudingan itu?

Alasan Pertama

Akun Instagram @volt_anonym membeberkan adanya kesamaan data yang diunggah di forum gelap oleh hacker Bjorka dengan milik inisial msff yang berjudul “We are big data Indonesia 133//Kominfo” (10/9).

“Data yang katanya 133 M dari meretas Kominfo tidak lebih isinya cuma 200 data saja itupun dicopy sehingga banyak yang sama seolah dia mencuri 133 M padahal cuma 200an. Ini sama saja data sampah yang sudah kadaluarsa, ngaku nggak lu” ujarnya seraya menandai akun Instagram Said Fikriansyah.

“Data lu dan hacker Bjorka sama!” lanjut @volt_anonym.

Alasan Kedua

@volt_anonym yakin hacker Bjorka adalah Said Fikriansyah ialah dari data traffic kelompok Bjorka. Menurutnya, hacker Bjorka tidak bekerja sendirian, ada kelompoknya, ia kemudian bertekad untuk “Potong dari ekornya”.

Yang menarik ialah, @volt_anonym mengklaim ada oknum dalam dari Kemenkominfo yang terlibat dalam aksi hacker Bjorka.

“Pemerintah buat tim khusus juga buat apa? Gak bakal ada hasilnya, kalau mau tau aing kasih track data traffic yang mereka pakai, dan jangan pula kalian terkejut kalau ada oknum Kemenkominfo disitu” lanjutnya.

Baca Juga : Said Fikriansyah, Pria Cirebon Yang Diduga Hacker Bjorka

“Ya kali hacker Internasional jual beli data di platform gratisan, apalagi platform yang isinya orang indo semua” beber @volt_anonym.

Alasan Ketiga

Adanya kesamaan alamat email yang dipakai di platform jual beli data dengan Instagram Said Fikriansyah.

“Jejak digital itu ada dek, email yang dia pakai di platform tersebut dan di Instagram itu sama, apakah dia menulis itu secara tidak sadar? Tidak mungkin tidak sadar kalau sampai niat mengedit seperti itu” pungkasnya.

Komentar Said

Akun Instagram Muhammad Said Fikriansyah (17) yang dituding sebagai seorang hacker Bjorka memberi tanggapan.

Said Fikriansyah menegaskan ia bukan hacker Bjorka.

“Kalau dituduh hacker Bjorka, saya bukan Bjorka, perlu diingat saya itu bukan Bjorka. Saya enggak tahu, tapi malah dituduh. Tadi jam 11 siang saya kontak ke Polres Cirebon kota, jadi nanti saya bakal cerita-cerita ke Polres” tulisnya.

Said Fikriansyah sendiri saat ini sedang belajar paket C untuk belajar video editing, sebelumnya ia sekolah di SMK Wahidin.

Menanggapi pengakuan Said, @volt_anonym menyebut Said Fikriansyah sedang berakting.

“Dia ngaku sendiri, giliran diciduk sok polos bilangnya ga bisa hacker-hackeran, di platform dia juga sebarkan data kependudukan, jadi inget koruptor pas mau diperiksa pura-pura sakit” tandasnya.

Baca Juga : Mahfud MD Sebut Sosok Hacker Bjorka Sudah Teridentifikasi