Link Nonton Gerhana Bulan Total Blood Moon 15 - 16 Mei

Fenomena gerhana bulan total atau blood moon akan terjadi pada tanggal 15-16 Mei 2022 dapat disaksikan secara live! Simak informasi lengkapnya dibawah.

Link Nonton Gerhana Bulan Total Blood Moon 15 - 16 Mei
Link Nonton Gerhana Bulan Total Blood Moon 15 - 16 Mei. Gambar: Unsplash.com

BaperaNews - Fenomena gerhana bulan total atau blood moon akan terjadi pada tanggal 15-16 Mei 2022, tidak semua wilayah di bumi ini bisa melihat fenomena ini, semua tergantung zona waktu wilayah masing-masing.

Fase gerhana awal terjadi pada Minggu 15 Mei 2022, sedangkan super moon total diperkirakan terlihat pada hari Senin 16 Mei 2022, blood moon ini berwarna kemerahan, berbeda dengan gerhana bulan pada umumnya.

Dilansir dari Space, posisi bulan kali ini diartikan sebagai posisi bulan yang paling dekat dengan bumi sehingga Nampak kemerahan, terlihat 7% lebih besar dan 15% lebih terang dari hari-hari biasanya, “Karena orbit bulan bukan lingkaran yang sempurna, kadang bulan lebih dekat dengan bumi di waktu lain selama masa orbitnya” ujar NASA.

Wilayah Indonesia bukan termasuk wilayah yang bisa melihat gerhana bulan total karena terjadi pada siang hari waktu Indonesia pada 11.11 WIB di hari Minggu dan 12.55 di hari Senin, sehingga terhalang oleh cahaya matahari, namun jangan khawatir, Anda tetap bisa melihatnya secara live melalui link berikut :

https://www.youtube.com/watch?v=f3M6FSVRXWA

Baca Juga: Suhu Panas Indonesia Hingga November, Potensi Di Atas 36 Derajat Celcius

Gerhana bulan blood moon secara jelas pada moment kali ini hanya bisa dilihat di Amerika Tengah, Amerika Timur, Antartika, Eropa, Amerika Selatan, Afrika, dan Pasifik timur, wilayah tersebut jadi saksi munculnya gerhana fase awal hingga saat bulan masuk bayangan umbra atau zona inti dan gerhana bulan akan terjadi sepenuhnya ketika cahaya matahari terhalang oleh bumi.

Wilayah lain yang juga bisa melihat fenomena tersebut ialah Selandia Baru, Eropa Tengah dan Timur, namun hanya bisa menyaksikan di fase penumbra atau ketika posisi belum sepenuhnya tertutup bayangan bumi.

Gerhana bulan ini ialah salah satu fenomena langit yang bisa dinikmati pada Mei 2022 ini, fenomena alam lain yang akan terjadi pada Mei 2022 ini ialah hujan meteor, konjungsi Jupiter dan mars yang akan terjadi pada 25 dan 29 Mei 2022, serta okultasi venus oleh bulan yang diperkirakan terjadi pada 27 Mei 2022.

Sederet fenomena langit tersebut seperti hujan meteor dan planet bisa dilihat namun harus dengan memakai alat bantu teleskop, tidak bisa dinikmati secara langsung dengan mata telanjang.

Baca Juga: Desing Tembakan Warnai Evakuasi Korban KKB Di Bandara Ilaga