Agar Tragedi Brexit Tak Terulang, Jokowi Beri Upaya Mudik Lebaran 2023

Presiden Jokowi memberi upaya untuk mudik lebaran 2023 dengan mengantisipasi agar tidak lagi terulang tragedi Brexit (Brebes Exit) yang terjadi tahun 2016 lalu.

Agar Tragedi Brexit Tak Terulang, Jokowi Beri Upaya Mudik Lebaran 2023
Jokowi beri upaya mudik lebaran untuk mengantisipasi tragedi Brexit. Gambar : Detik.com

BaperaNews - Presiden Jokowi menyebut pemerintah telah melakukan segala program untuk langkah antisipasi agar tidak lagi terulang tragedi Brexit (Brebes Exit) yang terjadi tahun 2016 lalu.

Jokowi menyebut telah menyiapkan tim pencari dan pertolongan SAR untuk antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama masa mudik.

“Nanti disiapkan SARNYA, akan disiapkan semuanya. Desain perencanaan lebih baik, jangan mengandai-andai, semua sudah diantisipasi” tutur Jokowi pada Selasa (11/4).

Jokowi menegaskan perencanaan mudik lebaran di tahun ini lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya, sebab banyak dilakukan langkah antisipasi.

Pemerintah melalui pihak berwenang terkait juga telah siapkan rekayasa lalu lintas, menyiapkan posko dan rest area, hingga membuat program mudik gratis.

Adapun tragedi Brexit ialah tragedi di momen lebaran 2016 lalu, terjadi antrean kendaraan mengular hingga 16 km karena lambatnya pembayaran tol. 15 orang meninggal dunia akibat tragedi tersebut. Maka Jokowi meminta jajarannya lakukan segala antisipasi, jangan sampai tragedi serupa kembali terjadi.

“Semua harus dihitung, di kalkulasi, sehingga tadi saya sudah tanyakan dengan detail karena tak ingin kejadian tahun lalu terjadi lagi. Tapi juga hati-hati, saya ingatkan ini semuanya yang ingin mudik, hati-hati, ada lompatan jumlah yang besar, dari 86 juta ke 123 juta, ada kenaikan 45% (hampir separuhnya)” imbuhnya. Untuk mencegah tragedi Brexit serupa terjadi, Jokowi melakukan sejumlah upaya.

Baca Juga : Pemudik Dilarang Selfie di Jembatan Suramadu, Ada Sanksi Tilang!

Upaya Jokowi Mencegah Tragedi Brexit : 

  1. Meminta Pelabuhan Bandar Bakau Jaya Bakauheni dan Pelabuhan Ciwandan agar kapasitas penumpang ditambah. “Kapasitas penumpang agar ditambah dari 34 ribu jadi 49 ribu, bagus ini” kata Jokowi.
  2. Manajemen pelabuhan untuk motor, kendaraan kecil dan bus, mobil, sampai kendaraaan berat semuanya diatur dengan baik.
  3. Penumpang harus sudah punya e-ticketing. “Tahun lalu sangat mengganggu, yang tidak pegang tiket harus pegang tiket semuanya sebelum masuk Pelabuhan” pungkasnya.
  4. Pemerintah menyiapkan rekayasa lalu lintas, memajukan jadwal libur dan cuti lebaran, hingga program mudik gratis.

Diharapkan mudik lebaran 2023 ini lebih aman dan lebih lancar dari tahun-tahun sebelumnya. Tidak hanya pemerintah yang perlu berupaya, kita semua sebagai masyarakat yang hendak mudik juga harus menyiapkan diri.

Pastikan mudik lebaran dengan kendaraan yang aman dan layak jalan, jaga kesehatan, atur waktu mudik yang terbaik, hindari membawa barang bawaan berlebihan, update informasi terbaru tentang arus dan jalur mudik, serta pastikan telah paham rute jalan mudik.

Baca Juga : Sejarah dan Tradisi Mudik Lebaran di Indonesia yang Harus Diketahui!