Agar Aman Saat Dikonsumsi, Begini Cara Cek Izin Produk Di BPOM Online

Supaya tidak tertipu dengan produk ilegal dan produk tersebut aman untuk dikonsumsi, sebaikanya produk yang dibeli harus dicek terlebih dahulu di situs BPOM atau melalui aplikasi.

Agar Aman Saat Dikonsumsi, Begini Cara Cek Izin Produk Di BPOM Online
Cara cek izin produk di BPOM online. Gambar : unsplash.com/Dok. Viki Mohamad

BaperaNews - Akhir-akhir ini publik diramaikan dengan penyitaan kopi saset Starbucks. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menyita enam varian kopi saset Starbucks pada Senin (26/12). Penyitaan dilakukan sebab kopi saset Starbucks tersebut merupakan produk impor yang belum terdaftar di BPOM RI.

Perlu diketahui, setiap produk yang tidak terdaftar BPOM sudah dipastikan produk tersebut ilegal. Produk ilegal adalah produk yang mutu dan keamanannya tidak terjamin.

Oleh karena itu, jika kamu tidak tertipu dengan produk ilegal, sebaiknya kamu memeriksa izin edar produk tersebut terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian.

Memeriksa produk tersebut tidak perlu datang langsung ke BPOM, kamu bisa melakukannya di mana saja melalui situs resmi BPOM. 

Tim Redaksi BaperaNews kali ini akan memberikan informasi mengenai cara cek izin produk di BPOM online dan cara cek produk terdaftar BPOM lewat aplikasi dengan mudah. 

Baca Juga : BPOM Rilis Daftar 168 Produk Obat Sirup Yang Aman Dikonsumsi

Berikut Cara Cek Izin Produk Di BPOM Online Dan Cara Cek Produk Terdaftar BPOM Lewat Aplikasi

Cara Cek Izin Produk Di BPOM Online

Untuk memeriksa produk terdaftar di BPOM atau tidak, kamu perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini: 

  • Kunjungi laman cekbpom.pom.go.id
  • Pada halaman utama, akan terlihat grafik jumlah produk yang telah terdaftar di BPOM. Kemudian, di sisi atas grafik, terdapat kotak yang bisa diisi oleh konsumen. 
  • Pertama, pilih kategori pencarian di sebelah kiri. Akan terlihat ada tujuh kategori, diantaranya nomor registrasi, nama produk, merek, jumlah dan kemasan, bentuk sediaan, komposisi dan nama pendaftar. 
  • Kedua, ketik kolom “Kata Kunci” di sisi kanan, selanjutnya tekan “enter”.
  • Selanjutnya, akan muncul daftar sejumlah nama produk, produsen, hingga alamat produsen dari produk tersebut jika telah terdaftar di BPOM. 

Cara Cek Produk Terdaftar BPOM Lewat Aplikasi

  • Masukkan email terdaftar yang Anda miliki.
  • Pada halaman utama, Anda bisa klik “semua produk” dan bisa melihat semua produk teregistrasi, produk dibatalkan atau public warning.
  • Sementara, langkah mengecek registrasi barang dapat dilakukan sesuai dengan langkah pengecekan di website yang telah dijelaskan sebelumnya. 

Demikian, informasi mengenai cara cek izin produk di BPOM online dan cara cek produk terdaftar BPOM lewat aplikasi yang bisa Anda lakukan sebelum memilih produk yang ingin Anda beli. Semoga informasi ini bermanfaat ya! 

Baca Juga : BPOM Tarik Kopi Saset Starbucks Impor Ilegal Dari Turki