4 Khasiat Buah Ciplukan untuk Kesehatan

buah ciplukan ternyata mengandung berbagai zat baik untuk kesehatan, beberapa manfaat buah ciplukan antara lain sebagai berikut!

4 Khasiat Buah Ciplukan untuk Kesehatan
ilustrasi buah ciplukan

BaperaNews - Siapa sangka, buah ciplukan yang hidup liar di area persawahan, semak belukar, pinggir jalan, pinggir sungai hingga hutan, mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan kalian.

Ciri – ciri khusus dari buah ciplukan sendiri yakni buahnya saat matang berwarna hijau kekuning – kuningan dan dilindungi oleh selaput seperti tudung.

Jika tak memperhatikannya dengan baik, tudung yang melindungi buah tersebut sekilas mirip dengan daunnya.

Dari data yang diambil dari Dinas Kesehatan Yogyakarta, buah ciplukan ternyata mengandung berbagai zat baik untuk kesehatan tubuh seperti halnya alkaloid, asam malat, tanin, zat gula, fisalin, asam sitrus, dan vitamin C.

Dari banyaknya kandungan zat yang dimiliki oleh buah ciplukan tersebut, ternyata menyimpan banyak khasiat untuk menjaga kesehatan hingga metabolisme tubuh.

Beberapa manfaat buah ciplukan antara lain sebagai berikut :

1.Buah Ciplukan Efektif Membantu Menjaga Kesehatan Tubuh

Mengkonsumsi buah ciplukan satu cangkir, bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian kalian sebanyak 50 persen. Fungsi vitamin C sendiri sebagai antioksidan dimana mempunyai peran untuk memberikan perlindungan tubuh dari radikal bebas dan juga baik dalam meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, pembentukan kolagen dalam tubuh juga bisa diperoleh dari vitamin c sehingga jika terjadi luka akan segera membaik.

2.Buah Ciplukan Bisa Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Kebutuhan kalsium harian, mampu dipenuhi dengan mengkonsumsi buah ciplukan. Kandungan kalsiumnya yang tinggi, bisa membantu menjaga kesehatan tulang kalian. Buah ciplukan juga bisa membantu kinerja produksi hormon, mengatur irama jantung, hingga kontraksi otot.

3.Mempunyai Sifat Anti Inflamasi

Kandungan steroid yang ada pada buah ciplukan biasa disebut sebagai withanolides. Zat ini mempunyai manfaat dalam membantu menyembuhkan saat terjadi peradangan seperti peradangan pada lupus dan juga sendi. Withanolides ternyata juga mempunyai manfaat sebagai pencegah kanker.

4.Buah Ciplukan Dapat Membantu Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Pencernaan yang sehat ditandai dengan siklus BAB yang rutin. Ternyata buah ciplukan mampu merangsang usus untuk membantu memperlancar proses pembuangan tinja. Sumber serat pada buah ciplukan ini diperoleh dari zat bernama pektin. Dengan mengkonsumsinya secara rutin, sembelit pun tak akan menyerang pencernaan kalian.

Nah itulah beberapa khasiat dari buah ciplukan yang seringkali diabaikan keberadaannya. Jika kalian sulit untuk mendapatkannya di pasaran, coba cari di lingkungan sekitar kalian, siapa tahu ada yang tumbuh liar.