Mau Pensiun Dini ?, Siapkan 4 Jenis Investasi ini untuk Pensiun Lebih Cepat!

Ingin pensiun dini tapi tak bisa berbisnis?, berikut 4 jenis investasi yang mendukung kamu bisa pensiun lebih cepat.

Mau Pensiun Dini ?, Siapkan 4 Jenis Investasi ini untuk Pensiun Lebih Cepat!
Ilustrasi rencana pensiun, Gambar : Melly Meiliani/kumparan

BaperaNews - Generasi milenials dan Gen Z memiliki tujuan berbeda dalam hal pekerjaan dari generasi sebelumnya. Mereka cenderung ingin mempersiapkan masa pensiun dini daripada harus bekerja sampai tua.

Menginjak usia kepala 4, mereka memiliki angan – angan untuk bisa menikmati hidup dengan bebas dan bisa bepergian berlibur kemana saja.

Bisakah keinginan tersebut terwujud? Menurut penjelasan Andy Nugroho (Perencana Keuangan), pensiun dini sangat bisa dilakukan dengan pengelolaan keuangan yang tepat semasa muda. Pengaturan keuangan yang ketat dan terperinci harus dilakukan tanpa adanya toleransi. Selain itu juga sebisa mungkin saat muda, mulai merintis bisnis.

Sebelum memutuskan untuk pensiun dini, segala persiapan pun harus dilakukan. Nanti setelah pensiun uang makan darimana? uang belanja darimana? uang untuk operasional rumah tangga darimana? Jika konsep pengelolaan keuangan sejak muda sudah dilakukan dengan baik, uang tabungan pun akan sangat cukup untuk membiayai hidup hingga masa tua nanti.

Terlebih lagi jika sudah memiliki sumber penghasilan dari bisnis, pensiun dini pun bisa dengan mudah terwujud. Pekerjaan rumah paling besar dari keputusan untuk pensiun dini adalah mempersiapkan sumber uangnya.

Selain berbisnis, investasi bisa dijadikan sebagai keputusan tepat untuk mengelola keuangan. Apa saja investasi paling pas agar bisa pensiun dini?

1.Investasi Saham

Dari investasi saham, kalian memiliki sumber dana tambahan yang bisa dimanfaatkan sebagai tabungan dari deviden atau bagi hasil keuntungan. Selagi masih muda, memilih untuk menggelontorkan sebagian penghasilan dalam bentuk saham sangat direkomendasikan.

2.Investasi Reksa Dana Berbasis Pasar Saham

Investasi reksadana juga bisa menjadi salah satu pilihan bagi generasi millenials ataupun gen Z. Reksa dana berbasis pasar saham menawarkan keuntungan yang lumayan menjanjikan. Dalam rangka menabung, kalian bisa mencicil nya setiap bulan. Dalam jangka waktu belasan hingga puluhan tahun, tak terasa nominal reksa dana kalian akan berlipat – lipat ganda.

3.Peer To Peer Lending (P2PL)

Modern ini Peer To Peer Lending bisa menjadi pemasukan tambahan bagi kaum millenials dan gen Z. Disini kalian bisa berperan sebagai pemodal dimana saat menggelontorkan modal tersebut, harus ada perjanjian yang jelas perihal bagi hasil keuntungan. Misalnya saja, kalian mendapat bagian 10 persen dari hasil penjualan. Pastikan perusahaan atau usaha yang kalian berikan modal mempunyai izin resmi ya. Bisa bisnis online maupun offline.

4.Investasi Properti

Kalian tahu sendiri, investasi properti memiliki resiko rugi yang sangat kecil. Karena faktanya, setiap tahun harga properti akan merangkak naik dan terus naik. Jika kalian membelanjakan sebagian penghasilan untuk membeli properti, belasan hingga puluhan tahun yang akan datang pasti harganya menjadi berlipat – lipat ganda. Kalian bisa kredit mulai dari sekarang.