118 TNI Gabungan Latihan Militer Multinasional Di Australia, Fahd A Rafiq: Berbagi Pengalaman Sebagai Prajurit Multinasional

TNI telah melepas 118 prajurit gabungan menuju Australia untuk mengikuti Latihan Gabungan Bersama Talisman Sabre 2023.

118 TNI Gabungan Latihan Militer Multinasional Di Australia, Fahd A Rafiq:  Berbagi Pengalaman Sebagai Prajurit Multinasional
118 TNI Gabungan Latihan Militer Multinasional Di Australia, Fahd A Rafiq: Berbagi Pengalaman Sebagai Prajurit Multinasional. Gambar : Dok.Istimewa

Bapera News - TNI telah melepas sebanyak 118 prajurit gabungan tiga matra untuk diberangkatkan ke Australia dalam rangka mengikuti Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Talisman Sabre 2023 dalam sebuah Apel Pemberangkatan yang berlangsung di Base Ops Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Jumat (14/7/2023).

Delegasi TNI terpilih dan ditunjuk untuk melaksanakan latihan, para peserta telah memiliki pengalaman serta kualifikasi yang diharapkan dalam Latgabma ini, sehingga diharapkan akan dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman sekembalinya ke Tanah Air.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz Arafiq menyampaikan, dukungan untuk para prajurit yang akan melakukan kegiatan Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Tasliman Sabre 2023, dan para prajurit yang mengikuti kegiatan ini, diharapkan dapat terus berbagi pengetahuannya selama disana dan mengambil pengalaman yang didapat dari latihan bersama tersebut.

“Saya mendukung penuh untuk para prajurit yang mengikuti kegiatan Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Tasliman Sabre 2023, harapannya dari latihan ini prajurit TNI dapat berbagi pengetahuannya selama disana dan juga para prajurit juga harus mendapatkan pengalaman selama latihan bersama tersebut.” Ujar Fahd A Rafiq (17/7).

Fahd A Rafiq juga menyampaikan, semoga para prajurit TNI Gabungan Tiga Matra yang akan mengikuti kegiatan ini dapat menjalin komunikasi dan kerja sama secara profesional dengan prajurit Multinasional dalam rangka mempererat hubungan internasional Angkatan Bersenjata. 

“Para prajurit TNI Gabungan Tiga Matra yang akan mengikuti kegiatan ini dapat menjalin komunikasi dan kerja sama secara professional dengan prajurit Multinasional, dalam rangka mempererat hubungan internasional Angkatan Bersenjata.” Tutup Fahd A Rafiq.

Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kemampuan Prajurit Angkatan Bersenjata dalam rangka uji kemampuan militer di masa krisis dan tindakan kontijensi di kawasan regional Asia Pasifik.

Pada pelaksanaan Talisman Sabre tahun 2023 ini akan dilaksanakan serangkaian Latma diantaranya: Air Lift Operation, Joint Land Combat Operation, Airborne Operation, Amphibious Operation yang diikuti oleh Indonesia dan melibatkan beberapa negara yaitu Australia, Jepang, Korea Selatan, Inggris, Kanada, Jerman, Perancis, Konga dan Selandia Baru.

Penulis : FNID