Viral Video Petugas Pungut Sampah Berserakan Di Titik Nol IKN

Sebuah video yang menunjukkan sejumlah petugas kebersihan sedang membersihkan sampah yang berserakan di lokasi titik nol IKN Nusantara viral di media sosial!

Viral Video Petugas Pungut Sampah Berserakan Di Titik Nol IKN
Titik Nol IKN Jadi Tempat Wisata. Gambar: headlinekaltim.co/Dok. Teguh

BaperaNews - Viral sebuah video menunjukkan sejumlah petugas kebersihan membersihkan sampah berserakan di lokasi titik nol IKN Nusantara yang merupakan wilayah ibu kota Negara baru di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Dari rekaman video yang beredar di Twitter tersebut Nampak para petugas berpakaian warna merah memasukkan sampah ke sebuah karung besar, “Untuk kalian para pengunjung atau para tamu dari pemerintah, tanggung jawab apa seperti ini, sampah berserakan dimana-mana, kalian buang sembarangan” ujar salah seorang petugas dalam video tersebut.

Petugas tersebut juga mempertanyakan sisi kesadaran para pengunjung terhadap kebersihan lingkungan, “Mau Anda pejabat Negara, mau Anda siapa, kalau kelakuan Anda seperti ini mau jadi apa Negara kita Pak? Hati-hati menjaga lingkungan, sangat besar dampaknya, terima kasih” tambahnya.

Ketika diselidiki, manajemen PT IHM (ITCI Hutani Manunggal) membenarkan video di Titik Nol IKN tersebut, memang ada kegiatan bersih-bersih di titik nol IKN Nusantara yang merupakan lahan konsensi PT IHM. Humas dari PT IHM, Terunen Hasanudin mengungkap kegiatan bersih-bersih sampah tersebut dilakukan pada hari Minggu 3 April 2022, ia juga membenarkan para petugas yang memakai baju warna merah memang petugas kebersihan lingkungan dari PT IHM.

Baca Juga: Polisi Sebut Komedian Inisial M Membeli Video Syur Dea OnlyFans, Netizen Menduga Marshel Widianto

“Ya, itu memang petugas kebersihan dari kami” ujarnya hari Selasa 5 April 2022. Ia yang juga menjadi Tokoh Masyarakat Desa Bumi Harapan mengaku sampah-sampah berserakan sejak ada kunjungan pejabat seperti Presiden dan tamu lain serta Kementerian PUPR. “Setelah selesai kunjungan Presiden, itu sampah berserakan disitu, tidak ada yang bertanggung jawab” imbuhnya.

Ia pun menyebut bahkan pernah melihat sendiri piring-piring kotor bekas ikan ada di meja setelah ada Kementerian PUPR berkunjung, oleh sebab itu, pihaknya kerjasama dengan Kecamatan Sepaku dan baru saja bertemu untuk membahas penanganan sampah tersebut.

Sementara Sekretaris Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara, Adi Kustaman, menyatakan rekaman yang beredar ialah bentuk kekecewaan warga atas kondisi di lapangan yang penuh dengan sampah, ia menyebut sudah melakukan sejumlah upaya untuk mengatasinya seperti membuat spanduk dan membagi tata tertib untuk pengunjung.

“Spanduk sudah terpasang, Cuma ya sekali lagi kesadaran pengunjung itu yang lebih penting” ujarnya Adi pun berharap ke depannya kunjungan dari Kementerian ataupun warga sipil membawa dampak baik khususnya untuk perekonomian dan kesejahteraan, serta bisa mematuhi himbauan agar menjaga kebersihan dan membuang sampah di tempatnya yang sudah disediakan.

Baca Juga: Kronologi Ratusan Kios Di Kawasan Lenggang Jakarta Dibakar Karena Cemburu