Viral Susu Campur Kemiri untuk Masker Wajah, Ini Penjelasan Dokter!

Unggahan yang menampilkan proses membuat dan menggunakan masker wajah dengan susu bubuk dan kemiri menuai pro dan kontra. Simak selengkapnya di sini!

Viral Susu Campur Kemiri untuk Masker Wajah, Ini Penjelasan Dokter!
Viral Susu Campur Kemiri untuk Masker Wajah, Ini Penjelasan Dokter!. Gambar : Kolase Tangkapan Layar Tiktok/@bindiatamayo5

BaperaNews - Foto tangkapan layar yang menampilkan proses pembuatan dan penggunaan susu campur kemiri untuk masker wajah diunggah oleh akun @tanyarl pada Minggu (4/2) pukul 21.40 WIB. Unggahan tersebut memancing beragam reaksi dari netizen, dengan lebih dari 206.400 kali ditonton, disukai lebih dari 2.700 akun, dan dibagikan sebanyak 143 kali.

Dalam unggahan tersebut, seorang wanita terlihat sedang menguleg kemiri dan mencampurnya dengan susu bubuk, kemudian mengoleskannya langsung ke wajah. Ia mengklaim bahwa penggunaan campuran tersebut dapat membuat kulit menjadi putih dan bercahaya dalam semalam.

Namun, keamanan dan efektivitas penggunaan susu bubuk dan kemiri untuk skincare menjadi pertanyaan.

Dokter spesialis kulit dan kelamin dari Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret (RS UNS), Triasari Oktavriana, memberikan penjelasan terkait penggunaan susu bubuk dan kemiri dalam perawatan kulit.

Ia menyatakan bahwa masyarakat Indonesia memang sering menggunakan bahan alami untuk masker kecantikan. Namun, perlu diingat bahwa susu bubuk yang digunakan untuk wajah harus diperhatikan.

Baca Juga: Seorang Bayi Alami Kritis Setelah Diberi Susu Formula Oleh Perawat RS

Jika susu bubuk tersebut ditujukan sebagai masker wajah, maka dapat digunakan. Namun, jika susu bubuk tersebut dimaksudkan untuk konsumsi, maka sebaiknya tidak digunakan untuk wajah karena formulanya berbeda.

Terkait dengan kemiri, Triasari menjelaskan bahwa kemiri yang umumnya digunakan dalam dunia kecantikan sudah diolah dalam bentuk minyak. Namun, kemiri yang langsung dihaluskan dan dioleskan pada wajah dapat menyebabkan efek samping.

Meskipun minyak kemiri yang diformulasikan untuk kulit wajah memiliki kandungan antioksidan, vitamin, dan asam lemak yang baik, namun penggunaan kemiri langsung dapat berisiko.

Triasari juga menyoroti penggunaan DIY Skincare atau masker racikan sendiri yang dapat menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Banyak orang yang tidak mengetahui dosis setiap bahan yang digunakan, sehingga dapat menyebabkan masalah kulit yang tidak terduga. Ia menekankan pentingnya menggunakan produk yang telah melalui uji klinis dan aman untuk kulit wajah.

Baca Juga: Bukannya Ditolong, Warga Indramayu Justru Ambil Susu Bear Brand dari Truk yang Terguling