Viral! Pemobil LCGC Buang Sampah Sembarangan, Ditegur Malah Marah-marah

Pengemudi dan penumpang mobil LCGC di Cianjur buang sampah sembarangan dan marah saat ditegur.

Viral! Pemobil LCGC Buang Sampah Sembarangan, Ditegur Malah Marah-marah
Viral! Pemobil LCGC Buang Sampah Sembarangan, Ditegur Malah Marah-marah. Gambar : Kolase Tangkapan Layar Instagram/@memomedsos

BaperaNews - Viral di media sosial, pengemudi dan penumpang mobil LCGC tertangkap buang sampah sembarangan di Puncak Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Ketika ditegur, bukannya menyadari kesalahannya, mereka malah marah-marah. Peristiwa ini terjadi pada Selasa (10/9).

Dalam video yang diunggah di akun Instagram @memomedsos, seorang perekam video menghentikan mobil LCGC tersebut setelah melihat pengemudi dan penumpangnya membuang sampah ke tengah jalan.

Perekam video tersebut dengan sopan menegur dan mengingatkan mereka bahwa membuang sampah di jalan tidaklah pantas dan berbahaya. 

"Tidak ada larangan buang sampah sembarangan itu, terus bisa buang sembarangan? Ada yang namanya tong sampah, tapi bukan di jalan!" tegas perekam.

Namun, penumpang mobil LCGC, yang tampak seorang wanita, malah membela diri dan menyatakan bahwa tidak ada rambu yang melarang membuang sampah sembarangan.

Dia bahkan berargumen bahwa banyak sampah lain yang juga bertebaran di pinggir jalan serta menyebut pemotor sering kali membuang sampah saat berkendara. Menurutnya, hal tersebut biasa terjadi dan bukan hal yang harus dibesar-besarkan.

Tak berhenti di situ, penumpang lain yang duduk di belakang turut keluar dari mobil dan melontarkan kata-kata kasar kepada perekam video. Dia juga menyatakan tidak terima aksinya divideokan dan mencoba menyerang secara verbal. 

Baca Juga: Viral! Wanita Keciduk CCTV Buang Air Kecil Sembarangan di Minimarket dan Langsung Kabur

Kejadian ini menuai perhatian publik, terutama karena perilaku tak bertanggung jawab dari pengendara mobil LCGC yang justru merespons teguran dengan amarah. 

Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cianjur, Prihadi Wahyu Santosa, ikut angkat bicara mengenai insiden ini. Ia sangat menyayangkan tindakan pengemudi dan penumpang mobil LCGC tersebut. Menurutnya, tindakan seperti ini dapat membahayakan pengendara lain serta mencemari lingkungan sekitar.

"Kami sangat menyayangkan tindakan buang sampah sembarangan, apalagi dibuang ke tengah jalan. Ini tidak hanya mencemari lingkungan, tetapi juga berpotensi menimbulkan bahaya bagi pengguna jalan lainnya," ujar Prihadi pada Selasa, (10/9).

Prihadi juga mengapresiasi tindakan si perekam video yang telah berani menegur pelaku buang sampah sembarangan tersebut. Menurutnya, aksi warga yang peduli pada kebersihan lingkungan harus didukung.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cianjur bahkan berencana menelusuri identitas pengemudi dan penumpang mobil LCGC tersebut untuk menindaklanjuti kasus ini. 

"Kami akan mencari tahu siapa pelaku yang terlibat dalam pembuangan sampah sembarangan ini, dan mereka bisa dikenai sanksi sesuai aturan yang berlaku," tambah Prihadi.

Baca Juga: Tak Terima Ditegur Parkir Sembarangan Depan Warung, Pengendara Mobil: Jalan Milik Negara