Viral! Dosen Di Filipina Minta Mahasiswa Pakai Topi Anti Nyontek Saat Ujian

Dosen di Filipina meminta kepada mahasiswanya membuat topi anti nyontek untuk dipakai ketika ujian agar tidak ada yang mencontek.

Viral! Dosen Di Filipina Minta Mahasiswa Pakai Topi Anti Nyontek Saat Ujian
Dosen di Filipina minta mahasiswa pakai topi anti nyontek saat ujian. Gambar : Facebook/Mandane-Ortiz R Mary Joy

BaperaNews - Viral topi anti nyontek dipakai oleh mahasiswa Filipina. Mahasiswa di sebuah universitas Filipina memakai topi unik ketika ujian, hal itu ialah perintah dari sang dosen agar tidak ada yang mencontek ketika ujian.

Mary Joy Mandane, profesor Teknik Mesin dari Bicol University Filipina ialah sosok di balik ide tersebut, ia menyebut topi anti nyontek harus dipakai semua mahasiswa di ujian tengah semester yang baru-baru ini dilaksanakan, yang diikuti ratusan mahasiswa pada pekan ketiga Oktober 2022.

Marry menyebut mahasiswa membuat sendiri desain topinya dari bahan-bahan yang sederhana, menurutnya, Thailand pernah menerapkan ide tersebut beberapa tahun lalu.

Namun, hal itu justru tidak membuat mahasiswa keberatan, mahasiswa menyambutnya dengan antusias, meski memiliki waktu yang terbatas, mereka berhasil membuat beragam kreasi topi unik.

Mary Joy Mandane hanya memberi waktu selama 5 menit untuk mahasiswa membuat topi anti nyontek, dengan bahan apa saja yang ditemukan di sekitarnya, ia kemudian mengunggah sejumlah hasil kreasi topi anti nyontek unik buatan mahasiswanya.

Baca Juga : Website UGM Diretas, Hacker Ungkap Maraknya Pelecehan Di Kampus

Dalam foto yang Mary unggah, ada mahasiswa yang membuat topi anti nyontek berbentuk unik mirip helm, topi hokage, topi dari kardus telur, topi topeng, topi karakter hewan, hingga berbentuk kerucut. Marry merasa takjub dengan kreativitas mahasiswanya.

Topi tersebut dibuat dengan beragam penutup agar bisa menghalangi pandangan dari rekan di sebelahnya, dengan demikian mahasiswa akan mengerjakan soal ujiannya sendiri dan mandiri, benar-benar tanpa menyontek dari temannya.

“Melihat topi dibuat oleh teman sekelas saya sangat lucu” ujar mahasiswa bernama Louise Pelaez. “Memang awalnya saya gugup, tapi suasana ujian yang semula tegang jadi seru dan penuh tawa” sambungnya.

Usai ujian, mahasiswa tersebut kemudian membagikan kreasi topi hasil buatannya sendiri di media sosialnya dan viral. “Saya yakin murid-murid tidak akan melupakan hari ini, mungkin kedepannya saya akan melakukan ini lagi” pungkas Marry.

Mary Joy Mandane menyebut, dengan adanya topi anti nyontek, mahasiswanya justru bisa lebih percaya diri pada kemampuannya dan bisa menyelesaikan soal ujian dengan cepat. Ujian yang ketat mendorong mereka belajar lebih ekstra, bahkan, banyak dari mahasiswanya yang justru bisa menyelesaikan soal ujian lebih awal dan tentunya tidak ada temuan mahasiswa menyontek di tahun ini.

Baca Juga : Disiksa Hingga Ditelanjangi Senior Saat Diksar, Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang Minta Keadilan