Viral Bayar Kuliah di ITB Bisa Pakai Pinjol, OJK Buka Suara!

Kepala Biro Komunikasi ITB mengonfirmasi kerja sama dengan lembaga keuangan nonbank untuk memberikan berbagai opsi pembayaran uang kuliah kepada mahasiswa.

Viral Bayar Kuliah di ITB Bisa Pakai Pinjol, OJK Buka Suara!
Viral Bayar Kuliah di ITB Bisa Pakai Pinjol, OJK Buka Suara!. Gambar : Humas ITB/Adi Permana

BaperaNews - Media sosial diramaikan oleh unggahan yang menyebut bahwa Institut Teknologi Bandung (ITB) memberikan layanan pinjaman online (pinjol) kepada mahasiswanya. Informasi ini tersebar luas dan menjadi perbincangan hangat di berbagai platform.

Salah satu akun Instagram, @mood.jakarta, turut membagikan informasi tersebut pada Jumat (26/1), yang menyebut bahwa ITB kini menyediakan sistem uang kuliah dengan bunga melalui pinjol.

Dalam layanan pinjol ITB, mahasiswa dapat meminjam dana tanpa uang muka atau DP dan jaminan, dengan opsi pembayaran selama 6 atau 12 bulan. Biaya bulanan sebesar 1,75 persen dan biaya persetujuan sebesar 3,00 persen.

Kabar ini juga mencatat kerja sama ITB dengan lembaga keuangan nonbank yang telah mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kepala Humas ITB, Naomi Haswanto, mengonfirmasi bahwa ITB bekerja sama dengan Danacita untuk memberikan pinjaman kepada mahasiswa.

Namun, Deputi Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Sarjito, menyatakan belum mengetahui lebih lanjut terkait sistem pinjaman untuk pembayaran uang kuliah di ITB. Meski demikian, Sarjito menegaskan bahwa OJK tidak akan mencampuri kebijakan kampus terkait pinjaman uang kuliah.

Ia menyatakan kesiapannya untuk memanggil Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) yang terlibat dalam pemberitaan tersebut guna mendapatkan keterangan yang lebih jelas terkait sistem pinjaman di ITB.

Baca Juga: OJK: Pelaku Pinjol Ilegal Bisa Terancam Penjara dan Denda Rp1 Triliun!

Kepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat ITB, Naomi Haswanto, menjelaskan bahwa ITB bekerja sama dengan lembaga keuangan bukan bank (LKBB) yang terdaftar dan diawasi oleh OJK. Kerja sama ini dimulai sejak Agustus 2023 dan melibatkan banyak perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS).

Haswanto menegaskan bahwa kerja sama ini memberikan kemudahan pembayaran uang kuliah bagi mahasiswa, terutama dalam hal opsi pembayaran yang variatif.

"Banyak orang ingin mendapat akses yang mudah di zaman sekarang. Khusus di dunia pendidikan, ITB turut memberikan kemudahan dengan memberikan banyak pilihan untuk mahasiswa yang hendak membayar biaya kuliah," ungkap Naomi.

Ia menambahkan bahwa kerja sama dengan LKBB memungkinkan mahasiswa membayar uang kuliah melalui berbagai metode, seperti beragam bank, virtual account (VA), kartu kredit, dan teknologi keuangan (fintech) atau inovasi keuangan lainnya.

Naomi menekankan bahwa kerja sama ini juga menyediakan opsi cicilan untuk membantu mahasiswa yang tidak dapat membayar langsung.

Baca Juga: Gegara Terlilit Utang Pinjol, Ibu Di Depok Tega Jual Anak ke Pria Mesir