Usai Bertemu Prabowo, Surya Paloh Nyatakan Nasdem Gabung Kim Plus

Partai Nasdem, melalui Ketua Umum Surya Paloh, resmi bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus setelah pertemuan dengan Prabowo Subianto pada 15 Agustus 2024.

Usai Bertemu Prabowo, Surya Paloh Nyatakan Nasdem Gabung Kim Plus
Usai Bertemu Prabowo, Surya Paloh Nyatakan Nasdem Gabung Kim Plus. Gambar: MPI/Riana Rizkia

BaperaNews - Partai Nasdem, melalui Ketua Umumnya Surya Paloh, resmi menyatakan bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.

Keputusan ini diambil setelah pertemuan antara Surya Paloh dan Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus presiden terpilih, di kediaman Prabowo di Kertanegara, Jakarta Selatan, pada Kamis, (15/8).

Pertemuan antara dua tokoh politik besar ini menjadi momen penting bagi peta politik Indonesia. Prabowo menyambut baik langkah Nasdem untuk bergabung dengan KIM Plus, sebuah koalisi yang telah membentuk pemerintahan baru bersama Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka.

“Saya sangat menghargai keputusan Partai Nasdem untuk bergabung dengan kami dalam KIM Plus. Persatuan adalah kunci keberhasilan bangsa, dan langkah ini menunjukkan komitmen kuat Nasdem untuk kepentingan bangsa dan negara,” ujar Prabowo.

Surya Paloh juga menegaskan bahwa bergabungnya Nasdem dengan KIM Plus bukan sekadar formalitas politik, melainkan wujud nyata dari keinginan bersama untuk memajukan bangsa. 

“Keputusan ini diambil bukan untuk menambah beban pemerintah, tetapi untuk meringankan kerja Koalisi Indonesia Maju agar lebih efektif dalam mencapai tujuan bersama," ungkap Surya Paloh.

Ketum Partai Nasdem Surya Paloh mengatakan bergabungnya Partai Nasdem ke pemerintahan Prabowo-Gibran bukan menjadikan beban dalam pemerintahan, tetapi dapat meringankan Koalisi Indonesia Maju untuk keberhasilan bangsa.

Baca Juga: Surya Paloh Menerima Hasil Pilpres 2024: Selamat kepada Prabowo-Gibran, Dukung Timnas AMIN Gugat Hasil ke MK

Paloh menekankan bahwa dinamika politik harus selalu bergerak maju dan tidak boleh stagnan.

"Semua pihak harus memiliki tekad dan tujuan yang sama, yakni memastikan kehidupan bangsa terus berkembang secara dinamis," tambahnya.

Hal ini juga menjadi bagian dari strategi Nasdem untuk memastikan bahwa pemerintahan yang baru dapat berjalan dengan baik dan efektif, termasuk Pilgub Jakarta dan Pilkada 2024 yang akan datang.

Menurut Prabowo, mengedepankan persatuan merupakan kunci keberhasilan bangsa.

"Saya tegaskan kembali bahwa saya sangat memandang kesatuan sebagai kunci keberhasilan bangsa oleh karena itu saya menyambut baik bersedianya Nasdem untuk bergabung dengan kami, sama-sama mengabdi kepada negara dan bangsa," katanya.

Bergabungnya Nasdem ke KIM Plus menjadi sorotan publik karena pada Pilpres 2024, Partai Nasdem dan Gerindra merupakan rival.

Nasdem, bersama PKS dan PKB, sebelumnya mengusung pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, sementara Prabowo didukung oleh KIM yang terdiri dari beberapa partai besar lainnya.

Baca Juga: Partai Nasdem Gabung Prabowo-Gibran, Nasib Koalisi Perubahan di Ujung Tanduk