Top 3 Dunia, Ribuan Pengungsi Ukraina Dievakuasi, Rusia – Azerbaijan Tegang

Ribuan pengungsi Ukraina berhasil dievakuasi melalui koridor kemanusiaan hingga Rusia yang juga bersitegang dengan Azerbaijan di tengah invasinya!

Top 3 Dunia, Ribuan Pengungsi Ukraina Dievakuasi, Rusia – Azerbaijan Tegang
Ribuan Pengungsi Ukraina Dievakuasi. Gambar: Reuters/ Dok. Alexander

BaperaNews - Berita terpopuler dari seluruh dunia masih didominasi oleh serangan militer Rusia ke Ukraina, yakni ribuan pengungsi Ukraina yang berhasil dievakuasi melalui koridor kemanusiaan, berita lain ialah kelompok Houthi Yaman yang ingin menyelesaikan konflik dengan Arab Saudi, dan berita terakhir tentang Rusia yang juga bersitegang dengan Azerbaijan di tengah perangnya dengan Ukraina.

Berikut berita selengkapnya : 

  1.       Ribuan Warga Ukraina Berhasil Dievakuasi

Wakil Kepala Kepresidenan Ukraina, Kyrylo Tymoshenko, menyatakan ada 5.208 orang Ukraina sudah berhasil dievakuasi pada hari Sabtu 26 Maret 2022 melalui koridor kemanusiaan, mereka diungsikan dari kota Mariupol, namun situasi masih kritis dan pertempuran masih terjadi di tengah jalan.

Maripul sudah mendapat tembakan dari Rusia selama berminggu-minggu, Presiden Ukraina, Volodymir Zelensky mengungkap Mariupol kini sudah tak tersisa apapun setelah dihancurkan oleh Rusia.

  1.       Gencatan Senjata Kelompok Houthi Yaman dengan Arab Saudi

Kelompok Houthi Yaman telah mengumumkan gencatan senjata selama 3 hari dan membuka kemungkinan akan dilanjutkan secara permanen jika koalisi Arab Saudi mau menghentikan operasi di Negara tersebut.

Baca Juga: 3 Kabar Terbaru Boeing 737 – 800 China Eastern Jatuh Di Lereng Gunung

Pernyataan muncul setelah ada pesawat tak berawak dan rudal menghantam seluruh wilayah Arab Saudi pada hari Sabtu 26 Maret 2022, bombardir dilakukan termasuk di sejumlah pabrik minyak sehingga memicu kebakaran hebat.

Setidaknya tujuh orang tewas dalam serangan udara tersebut, Houthi mengatakan, serangan menghantam pembangkit listrik, kantor asuransi sosial, hingga stasiun pemasok bahan bakar.

“Ini ialah undangan tulus dan langkah praktis untuk membangun kembali kepercayaan dan membawa semua pihak dari area pembicaraan ke area tindakan” ujar Pemimpin Politik Houthi, Mahdi Al Mashat hari Minggu 27 Maret 2022.

Intervensi pimpinan Arab Saudi untuk mendukung Yaman sudah masuk tahun ketujuh sejak Houthi mendukung Iran merekrut ibu kota Sanaa pada tahun 2014.

  1.       Rusia Tegang dengan Azerbaijan

Belum selesai perang Rusia dengan Ukraina, kini Rusia tegang dengan Azerbaijan. Rusia menuduh Azerbaijan melanggar perjanjian gencatan senjata tahun 2020 karena masuk zona misi penjaga perdamaian di Nagorno Karabakh yang sudah memisahkan diri.

Rusia juga menyebut Azerbaijan memakai pesawat tak berawak buatan Turki untuk menyerang Karabakh dan Rusia prihatin atas serangan di wilayah tersebut. Rusia mendesak Azerbaijan untuk menarik pasukannya. Sebelumnya Azerbaijan berperang dengan Armenia pada tahun 2020 dan menewaskan lebih dari 6.500 nyawa.

Baca Juga: Ini Kronologi dan Penyebab Mobil Personel d'Masiv Alami Kecelakaan Mobil!