Tips Aman Rayakan Idul Fitri Saat Pandemi Covid-19

Lebaran hanya tinggal hitungan hari, dimana tahun ini masih harus hidup berdampingan dengan pandemi covid-19. Ini dia tips aman rayakan hari raya Idul Fitri saat Pandemi!

Tips Aman Rayakan Idul Fitri Saat Pandemi Covid-19
Tips Aman Rayakan Idul Fitri Saat Pandemi Covid-19. Gambar: Unsplash.com

BaperaNews - Idul Fitri 2022 sudah di depan mata, puasa tinggal beberapa hari lagi, tentunya Idul Fitri akan disambut dengan suka cita, akan dilakukan sejumlah tradisi seperti takbiran, shalat ied, dan bersilaturahmi ke keluarga atau orang terdekat. Namun kita harus tetap ingat, pandemi covid-19 masih ada.

Sebab itu, dalam perayaan Idul Fitri tahun ini, perlu untuk menerapkan sejumlah protokol kesehatan agar tetap bisa menikmati hari raya ini tanpa melewatkan masalah kesehatan. Berikut ini 6 tips aman rayakan Idul Fitri di tengah pandemi.

  1.       Hindari berkerumun di malam takbir

Adanya pandemi tidak berarti takbiran dilarang, di tahun 2022 ini mudik dan takbiran sudah diizinkan karena jumlah kasus covid-19 yang menurun signifikan, namun tentu perlu diimbangi dengan kesadaran menegakkan prokes agar tak terjadi lagi kenaikan kasus.

Tips aman rayakan Idul Fitri yang pertama dengan hindari berkerumun ketika takbiran, jaga jarak, jika menonton acara takbir, lakukan dari rumah atau di tempat yang tidak berdesakan.

  1.       Prokes ketika shalat berjamaah

Shalat berjamaah kini juga sudah diperbolehkan tanpa harus mengatur jarak shaf, namun imbangi dengan melakukan prokes seperti cuci tangan, wudhu di rumah, dan memakai masker.

Baca Juga: Menjadi Salah Satu Sunah Nabi, Mari Kita Mengenal Lebih Jauh Kurma Dan Manfaatnya

  1.       Membayar zakat via transfer

Zakat fitrah ialah bentuk kewajiban di Idul Fitri bagi yang mampu, di jaman modern ini, zakat tidak harus diberikan secara langsung, melainkan bisa melalui transfer untuk menghindari kerumunan.

  1.       Silaturahmi dengan singkat

Tips aman rayakan Idul Fitri di masa pandemi ini selanjutnya ialah dengan silaturahmi secara singkat saja, misalnya ketika ke rumah tetangga atau teman terdekat, cukup lakukan silaturahmi seperlunya, hal ini juga diatur pemerintah dimana pemerintah menghimbau masyarakat, boleh bersilaturahmi namun tak perlu ada acara makan bersama demi mencegah penularan covid-19.

  1.       Hindari belanja di keramaian

Jika Anda membeli keperluan lebaran seperti hampers, baju, dan lainnya sebaiknya hindari kerumunan, pilih tempat belanja yang luas dan menerapkan prokes dengan baik, atau Anda bisa memesan untuk diantar kerumah atau membeli secara online, dengan demikian Anda akan terhindar dari kerumunan.

  1.       Periksa kesehatan secara berkala dan lakukan vaksinasi

Minum vitamin jika perlu untuk meningkatkan daya tahan tubuh, jika Anda merasa gejala sakit segera berobat ke Dokter dan layanan kesehatan lainnya agar segera diobati, dimana imun tubuh yang lemah juga bisa menjadi salah satu pemicu masuknya virus covid-19, dan tips aman rayakan Idul Fitri selama pandemi ini ialah pastikan Anda sudah menjalankan vaksin covid-19, lakukan dengan lengkap mulai dari dosis 1 dan 2 hingga booster.

Baca Juga: Fenomena Hampers Lebaran, Kenapa Jadi Tren?