Timnas Indonesia Menang Tipis 1-0 atas Vietnam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026

Berhadapan dengan Timnas Vietnam, Skuat Garuda berhasil menang dengan skor tipis 1-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Kamis (21/3). Simak Selengkapnya disini!

Timnas Indonesia Menang Tipis 1-0 atas Vietnam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026
Timnas Indonesia Menang Tipis 1-0 atas Vietnam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026. Gambar : Dok. VnExpress

BaperaNews - Timnas Indonesia meraih kemenangan dalam pertandingan ketiga grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Berhadapan dengan Timnas Vietnam, Skuat Garuda berhasil menang dengan skor tipis 1-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Kamis (21/3).

Gol tunggal yang membawa kemenangan bagi Timnas Indonesia dicetak oleh Egy Maulana Vikri di awal babak kedua. Hasil ini membuat Timnas Indonesia naik ke peringkat dua klasemen sementara grup F, sementara Vietnam turun ke peringkat tiga.

Jalannya Pertandingan

Di babak pertama, meskipun Timnas Indonesia terlihat kagok dan kesulitan mengembangkan permainan, mereka berhasil mempertahankan kebuntuan hingga turun minum. Sementara itu, Timnas Vietnam tampil menekan sejak awal pertandingan dan menciptakan beberapa peluang berbahaya.

Namun, masuknya tiga pemain baru di babak kedua, yaitu Sandy Walsh, Pratama Arhan, dan Egy Maulana Vikri, mengubah dinamika permainan Timnas Indonesia. Skuat Garuda menjadi lebih agresif dalam menyerang, dan gol pun akhirnya tercipta melalui Egy Maulana Vikri pada menit ke-52.

"Tensi pertandingan semakin memanas. Kedua tim tidak sungkan-sungkan mengeluarkan tekel-tekel keras untuk menghentikan serangan lawan," tulis laporan pertandingan.

Meskipun Indonesia nyaris menggandakan keunggulan menjadi 2-0 di masa injury time, namun hasil akhir tetap bertahan 1-0 untuk keunggulan Timnas Indonesia.

Menurut laporan statistik pertandingan, Timnas Indonesia unggul dalam jumlah total tembakan dan tembakan yang mengarah ke gawang, serta menguasai posisi bola lebih banyak dibandingkan Vietnam.

Baca Juga: Kiper Timnas Indonesia, Cyrus Margono Resmi Jadi WNI

Kemenangan ini membuat Timnas Indonesia naik ke peringkat dua klasemen sementara grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dengan mengemas empat poin. Ini merupakan kemenangan pertama Timnas Indonesia di babak grup kualifikasi Piala Dunia setelah 19 tahun 8 bulan.

Kemenangan ini menjadi yang pertama bagi Timnas Indonesia di babak grup kualifikasi Piala Dunia setelah 19 tahun 8 bulan. Sebelumnya, kemenangan terakhir dalam fase grup putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2006 diraih pada 17 November 2004, saat Indonesia mengalahkan Turkmenistan dengan skor 3-1.

Meskipun demikian, Timnas Indonesia masih memiliki perjalanan panjang untuk bisa lolos ke putaran final Piala Dunia 2026. Namun, kemenangan ini menjadi modal penting bagi mereka untuk melangkah lebih jauh dalam perjalanan kualifikasi ini.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia (3-5-2)

  • Adi Satryo (kiper)
  • Jay Idzes, Rizky Ridho, Justin Hubner (bek)
  • Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Yakob Sayuri (gelandang)
  • Rafael Struick, Hokky Caraka (penyerang)

Timnas Vietnam (3-5-2)

  • Nguyen Filip (kiper)
  • Vo Minh Trong, Bui Tien Dung, Pham Xuan Manh, Phan Tuan Tai, Bui Hoang Viet Anh (bek)
  • Do Hung Dung, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Thai Son (gelandang)
  • Nham Manh Dung, Nguyen Dinh Bac (penyerang)

Statistik Pertandingan

  • Goal: 1-0 untuk Timnas Indonesia
  • Total Shots: 8-6 untuk Timnas Indonesia
  • Shots on Target: 6-1 untuk Timnas Indonesia
  • Posession: 56% untuk Timnas Indonesia
  • Fouls: 15-12 untuk Timnas Indonesia
  • Offsides: 2-1 untuk Timnas Indonesia
@baperanews.com Timnas Indonesia Menang Tipis 1-0 atas Vietnam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Timnas Indonesia meraih kemenangan dalam pertandingan ketiga grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Berhadapan dengan Timnas Vietnam, Skuat Garuda berhasil menang dengan skor tipis 1-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Kamis (21/3). Gol tunggal yang membawa kemenangan bagi Timnas Indonesia dicetak oleh Egy Maulana Vikri di awal babak kedua. Hasil ini membuat Timnas Indonesia naik ke peringkat dua klasemen sementara grup F, sementara Vietnam turun ke peringkat tiga. #timnasindonesia #indonesiavsvietnam #timnas ♬ Garuda Di Dadaku - NTRL

Baca Juga: Pemain Sepak Bola Belanda, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen Resmi Jadi WNI