Sumedang Diguncang Gempa Saat Malam Tahun Baru 2024, 331 Pasien RSUD Dipindahkan

Wilayah Kabupaten Sumedang diguncang gempa dengan kekuatan magnitudo 4,1 saat perayaan malam tahun baru 2024. Sebanyak 331 pasien di RSUD dipindahkan.

Sumedang Diguncang Gempa Saat Malam Tahun Baru 2024, 331 Pasien RSUD Dipindahkan
Sumedang Diguncang Gempa Saat Malam Tahun Baru 2024, 331 Pasien RSUD Dipindahkan. Gambar : Kabarpalu.net

BaperaNews - Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 4,1 yang mengguncang wilayah Kabupaten Sumedang Minggu (31/12) sekitar pukul 14.35 WIB.

Informasi yang dihimpun dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa guncangan gempa tidak hanya terasa di Kabupaten Sumedang, tetapi juga merambat ke wilayah Cileunyi, Cicalengka, dan Garut.

Kepala BMKG Bandung, Teguh Rahayu, melaporkan bahwa pusat gempa berada di timur laut Kabupaten Sumedang dengan kedalaman 7 kilometer.

"Gempa bumi magnitudo 4,1. Lokasi 1 kilometer timur laut Kabupaten Sumedang kedalaman 7 kilometer," ujar Teguh Rahayu.

Gempa ini dikategorikan sebagai gempa dangkal yang disebabkan oleh aktivitas sesar aktif di daerah setempat. Teguh menjelaskan bahwa guncangan gempa dirasakan cukup kuat oleh sebagian masyarakat di berbagai wilayah.

Baca Juga : Wow! Sampah di Jakarta Saat Malam Tahun Baru 2024 Capai 130 Ton

"Pada siang hari, dirasakan oleh orang banyak di dalam rumah, di luar oleh beberapa orang. Gerabah pecah, jendela dan pintu berderit, dan dinding berbunyi," tambahnya.

Dampak gempa juga terasa di beberapa daerah sekitar Sumedang. Di Cileunyi, Rancaekek, Lembang, Cicalengka, Jatinangor, dan Subang, getaran dirasakan oleh beberapa orang, sementara benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

"Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Di Garut, Cianjur, dan Kota Bandung dirasakan oleh beberapa orang, dengan benda-benda ringan yang digantung bergoyang," ungkap Teguh.

Selain mengakibatkan kerusakan fisik, gempa ini juga menimbulkan kepanikan di tengah malam tahun baru. Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumedang langsung bergerak cepat untuk mengevakuasi pasien.

Sebanyak 331 pasien dari RSUD Sumedang telah dipindahkan ke tempat yang lebih aman sebagai langkah antisipasi.

Baca Juga : 50 Quotes Tahun Baru, Motivasi Jadi Lebih Baik di Tahun 2024