Soal Anies Sebut Prabowo Tak Betah Jadi Oposisi, Budiman Sudjatmiko Beri Respon: Angkuh dan Congkak

Dalam panggung debat capres Pilpres 2024 yang digelar KPU, Budiman Sudjatmiko, anggota DPR dua periode (2009-2014 dan 2014-2019) dan mantan politisi PDIP, memberikan kritik tajam terhadap Anies Baswedan.

Soal Anies Sebut Prabowo Tak Betah Jadi Oposisi, Budiman Sudjatmiko Beri Respon: Angkuh dan Congkak
Soal Anies Sebut Prabowo Tak Betah Jadi Oposisi Budiman Sudjatmiko Beri Respon: Angkuh dan Congkak. Gambar : Dok. Forum Keadilan

BaperaNews - Dalam panggung debat capres Pilpres 2024 yang digelar KPU, Budiman Sudjatmiko, anggota DPR dua periode (2009-2014 dan 2014-2019) dan mantan politisi PDIP, memberikan kritik tajam terhadap Anies Baswedan. Kritik tersebut disampaikan menyusul pernyataan Anies yang dinilai angkuh dan congkak terhadap Prabowo Subianto. Menurut Budiman, Anies Baswedan, yang juga mencalonkan diri sebagai presiden, belum pernah menjadi bagian dari oposisi. "Kedua mengenai pernyataan pak Prabowo katanya gak betah jadi oposisi, kebetulan ini dari paslon yang gak pernah jadi oposisi juga, waktu kuliah gak pernah jadi oposisi juga, belum pernah saya dengar beliau jadi oposisi," ujar Budiman.

Pemaparan Visi Misi oleh Para Capres

Debat capres Pilpres 2024 menjadi panggung bagi para capres, termasuk Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo, untuk memaparkan visi misi mereka. Setiap kandidat memperlihatkan pendekatan unik mereka dalam menghadapi tantangan kepemimpinan nasional. Anies Baswedan menekankan pentingnya transisi dari negara kekuasaan menjadi negara hukum, sementara Prabowo Subianto berkomitmen untuk mempertahankan demokrasi, penegakan HAM, dan hukum di Indonesia. Di sisi lain, Ganjar Pranowo menitikberatkan pada pemberantasan korupsi dan pemerintahan yang bersih.

Baca Juga :  Debat Capres Pertama: Memanas, Hingga Saling Serang

Sindiran Anies Baswedan terhadap Prabowo dan Gibran

Dalam debat tersebut, Anies Baswedan, capres nomor urut satu, melontarkan sindiran terhadap Prabowo Subianto. Ia menyinggung Prabowo yang tidak betah menjadi oposisi. Anies juga membahas tentang cawapres dari kalangan milenial, yang diduga merujuk pada Gibran Rakabuming Raka, sambil menyinggung nasib ribuan milenial lain yang sering menghadapi kekerasan ketika menyuarakan pendapat. "Hari ini kita melihat ada seorang milenial menjadi calon wakil presiden. Tapi di sisi lain, ada ribuan milenial lain yang peduli pada anak-anak bangsa ketika mereka mengungkapkan pendapat justru mereka sering dihadapkan pada kekerasan," tutur Anies.

Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo di Debat Capres

Prabowo Subianto, dalam debat tersebut, mengklaim bahwa sejak muda, ia telah berkomitmen pada Pancasila dan UUD 1945. Ia juga menegaskan bahwa Indonesia masih dalam kondisi yang stabil dan terkendali. Sementara itu, Ganjar Pranowo menggarisbawahi perlunya pemerintahan yang bersih dari korupsi. Ganjar, bersama cawapresnya Mahfud MD, mengemukakan rencana kampanye mereka dari Sabang hingga Merauke untuk mendengar aspirasi rakyat secara langsung.

Baca Juga : Agar Tak Bocor, KPU Bakal Segel Pertanyaan Debat Capres Cawapres 2024