Shakira Clash of Champions Dihujat Usai Sebut Autis Saat Maxwell Live, Kini Minta Maaf

Shakira meminta maaf setelah tidak sengaja menyebut kata 'autis' dalam live Maxwell, Axel, dan Sandy.

Shakira Clash of Champions Dihujat Usai Sebut Autis Saat Maxwell Live, Kini Minta Maaf
Shakira Clash of Champions Dihujat Usai Sebut Autis Saat Maxwell Live, Kini Minta Maaf. Gambar: Instagram/@shakiraamirah

BaperaNews - Peserta Clash of Champions, Shakira, kembali menjadi sorotan publik. Ia menjadi perbincangan hangat karena tidak sengaja menyebut kata 'autis' kepada Maxwell, Axel, dan Sandy yang saat itu sedang melakukan live di akun milik Maxwell. Insiden ini langsung memicu reaksi dari netizen yang menilai bahwa kata autis tidak boleh disebut sembarangan.

Maxwell, Axel, Sandy, dan Shakira sedang menikmati waktu bersama. Dalam momen tersebut, Shakira yang tidak sedang dalam kamera menegur teman-temannya yang sibuk live di media sosial. 

"Eh kalian bisa gak kalau di depan aku bersosialisasi lah sama aku. Gak usah bersosialisasi sama handphone mulu. Emang ketemu sama aku 24 jam? Jangan kayak anak autis gitu, deh," ucap Shakira.

Setelah mendengar teguran tersebut, Maxwell, Axel, dan Sandy menunjukkan ekspresi kaget. Ketiganya langsung mematikan live mereka tanpa banyak berkata-kata kepada penggemar. Momen tersebut viral dan mendapat banyak perhatian dari publik.

Banyak yang menilai Shakira salah dalam pemilihan kata saat menegur teman-temannya. Namun, ada juga yang menyebut Maxwell, Axel, dan Sandy juga salah karena live saat sedang hangout.

Menyadari kesalahannya, Shakira akhirnya mengucapkan permohonan maaf melalui saluran media sosialnya.

"Aku sadar bahwa menggunakan kata 'autis' untuk menyebut orang lain itu sangat salah. Kata tersebut mengacu pada kondisi medis yang serius dan bukan untuk dijadikan bahan lelucon atau hinaan. Menggunakan kata tersebut dengan cara yang tidak tepat menunjukkan kurangnya empati dan pemahaman terhadap orang-orang yang hidup dengan kondisi tersebut," tulisnya.

Baca Juga: Brian Arianto Tanuwidjaja, Mahasiswa UGM yang Viral Berkat Clash of Champions di Jogja

Shakira juga menegaskan bahwa sebagai calon dokter, ia seharusnya menjadi contoh dan lebih berhati-hati dalam bertutur kata dan berperilaku.

"Aku paham betul bahwa sebagai seorang calon dokter, aku seharusnya menjadi contoh dan harus lebih berhati-hati lagi dalam tutur kata dan perilaku. Tidak ada alasan yang bisa membenarkan perbuatan aku. Aku sangat menyesal dan ini menjadi pelajaran berharga bagi aku untuk lebih berhati-hati dalam berperilaku dan bertutur kata. Aku sungguh-sungguh meminta maaf dari lubuk hati aku yang terdalam. Aku berterima kasih kepada semua orang yang telah mengingatkan dan menegur aku dengan baik," lanjut Shakira.

Ucapan Shakira langsung menuai hujatan dari netizen. Banyak yang menyayangkan tindakan calon dokter itu yang mengolok-olok autis hanya untuk menegur temannya. 

"Aku sebagai om yang punya keponakan istimewa (autis) ngerasa kaget denger kalimat yang terucap dari si mbak ini. Memang kok ga salah garis besar atau point utamanya, tapi penggunaan kata 'autis' itu tidaklah tepat atau tak bijak kalau beliau paham akan pengertian autis," tulis seorang netizen.

"So sad that words coming out from a person who just said that bumi itu menyerap kata² positif dan mengajari kita utk selalu berbicara hal² yg positif, tapi malah menggunakan kata autis as a jokes. Kak Shakira may u learned a lot from this case ya," tulis netizen lainnya.

"Justru yang HARUS dipermasalahkan kata 'autis'nya, karena itu ga boleh buat bercanda/ejekan, entah ke diri sendiri atau orang lain," tulis netizen lain.

Hingga kini, netizen masih terpecah dalam menilai kesalahan Shakira. Namun, yang jelas Shakira sudah menyadari dan memohon maaf dengan tulus atas perkataannya.

@baperanews.com Shakira meminta maaf setelah tidak sengaja menyebut kata 'autis' dalam live Maxwell, Axel, dan Sandy #shakira #sandy #clashofchampions #viral ♬ Masih Hatiku - Arsy Widianto & Tiara Andini

Baca Juga: Clash of Champions Episode 5 Akan Segera Tayang, Catat Jadwalnya