Selain CV, 3 Hal Ini Mampu Memikat HRD Saat Rekrutmen Karyawan

Selain CV yang kalian persiapkan dengan baik, terdapat 3 hal lain yang selalu diperhatikan oleh HRD dalam merekrut karyawan. yuk simak pon-poin tersebut.

Selain CV, 3 Hal Ini Mampu Memikat HRD Saat Rekrutmen Karyawan

BaperaNews - Pengamalan buruk ditolak berkali – kali oleh HRD meski sudah menyebar CV ke banyak perusahaan seringkali terjadi. Bahkan tidak kalian saja yang menimpanya, mungkin saudara atau teman dekat pun juga pernah merasakannya.

Banyak orang bilang, pekerjaan itu seperti jodoh, kadang butuh yang namanya keberuntungan. Dalam memilih jodoh pasti akan menentukan yang terbaik. Begitu juga dalam hal pekerjaan, jika kalian dianggap sudah memenuhi kriteria, pasti akan ketemu juga pekerjaan yang tepat kok. Jadi tetap semangat ya!

Selain CV yang kalian persiapkan dengan baik, terdapat 3 hal lain yang selalu diperhatikan oleh HRD dalam merekrut karyawan. Poin – poin ini juga dilansir di akun Instagram resmi milik Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia. Apa saja itu?

HRD Akan Memberikan Penilaian Pada Kesan Pertama

Selain penampilan yang harus terlihat rapi dan sopan. Kalian juga wajib mengendalikan sikap selama HRD melakukan interview. Hindari melakukan hal – hal kecil berdampak besar seperti bersandar di kursi, meletakkan tangan sebagai sandaran wajah, posisi tubuh membungkuk atau pun hal lainnya yang membuat HRD menjadi kurang simpati.

Bahasa tubuh yang energik dan mendukung saat memberikan penjelasan ke HRD, juga menjadi poin penting dalam menentukan ketertarikan HRD ke kalian.

Usahakan selalu memberikan senyuman saat sedang berinteraksi dengan HRD. Pastikan untuk mengakhiri percakapan, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan.

HRD Lebih Respek Pada Pelamar yang Jujur Daripada Ingin Terlihat Hebat

Dalam proses perekrutan, wajar saja jika HRD mencari kandidat terbaik untuk bergabung dan memajukan perusahaan. Kalian pun tak sepenuhnya salah jika ingin menonjolkan kemampuan diri. Namun, tetap saja ada batasannya dan jangan sampai terlihat terlalu menonjol.

Kalian bisa menyampaikan dengan santai, jelas, namun tepat pada sasarannya. Jangan menggebu – gebu dan terkesan berlebihan. Dari cara penyampaian kalian tersebut, value kalian sudah bisa dinilai dengan mudah oleh HRD.

HRD Secara Diam Diam Akan Mempelajari Medsos Kalian

Saat ini, dalam proses perekrutan, melampirkan akun medsos adalah wajib. Akun medsos ini, nantinya akan dijadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam menentukan kandidat terbaik oleh HRD. Dengan mempelajari isi medsos tersebut, HRD jadi tahu bagaimana mana sih kepribadian kalian.