Cara Mengkonsumsi Bunga Telang dan Manfaatnya untuk Tubuh

Tak hanya bunga nya saja yang terlihat cantik, bunga telang ini juga memiliki manfaat yang sangat bagus untuk tubuh, berikut ini cara mengkonsumsi bunga telang dan berbagai manfaatnya.

Cara Mengkonsumsi Bunga Telang dan Manfaatnya untuk Tubuh

BaperaNews - Keberadaan bunga telang kini kian populer. Bukan hanya untuk mempercantik halaman rumah, tapi juga banyak dimanfaatkan untuk perawatan wajah hingga membantu menjaga kesehatan tubuh. Warna birunya yang khas menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

Siapa sangka, tak hanya bunganya saja yang tampak cantik, namun beberapa bagian dari bunga telang juga berkhasiat. Kelopak bunga telang sendiri banyak dimanfaatkan oleh beberapa negara untuk pengobatan tradisional. Negara yang memanfaatkannya meliputi Filipina, Ghana, Karibia, Sudan, Pakistan dan India. Bagian lain seperti akar, daun dan biji juga mempunyai manfaat untuk kesehatan.

Manfaat Bunga Telang untuk Wajah

Dari hasil penelitian mahasiswa Unair, bunga telang telah berhasil disulap menjadi bahan utama dalam pembuatan skincare. Skincare yang dibuat dari bahan alami tersebut tentu saja jauh lebih aman. Skincare yang telah berhasil dibuat dengan bahan bunga telang ini dinamakan Terence (Telang Elegance Skincare).

Bunga telang sendiri, dalam upaya membantu proses perawatan kulit berperan sebagai senyawa antioksidan dan antosianin. Senyawa – senyawa ini mempunyai kemampuan dalam membantu melembabkan kulit, menghaluskan kulit hingga mencerahkan kulit.

Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan Tubuh

Bunga telang menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita, antara lain seperti :

1.Membantu Mengurangi Depresi

Penyakit yang mengganggu emosional ini dapat dicegah dengan mengkonsumsi bunga telang. Zat flavonoid yang terkandung pada bagian mahkota, terbukti mampu mengurangi stres, depresi atau gangguan kesehatan mental lainnya.

2.Anti Bakteri

Bakteri yang hendak masuk ke dalam tubuh kita bisa dihambat dengan memanfaatkan ekstrak dari daun dan juga akar bunga telang. Bakteri yang paling efektif bisa dihambat antara lain E coli dan Vibrio cholera.

3.Obat Cacing Alami

Senyawa antelmintik yang terdapat pada bunga telang, efektif dalam membantu mengeluarkan cacing yang berada pada bagian sistem pencernaan.

4.Membantu Mencegah Penyakit Kanker

Senyawa bernama anti proliferasi efektif dalam membantu menekan perkembangan sel kanker di dalam tubuh.

5.Membuat Mata Jernih Pada Bayi

Masyarakat Betawi terdahulu, memanfaatkan bunga telang untuk membuat mata jernih pada bayi.

Cara Mengkonsumsi Bunga Telang

Bunga telang populer dikonsumsi dengan cara diseduh dalam keadaan sudah kering. Seduhan bunga telang ini biasa disebut teh bunga telang. Selain itu bunga telang bisa dijadikan sebagai pewarna makanan dan minuman alami.