Sekjen PBNU Gus Ipul Resmi Dilantik Jokowi sebagai Mensos

Presiden Jokowi melantik Saifullah Yusuf sebagai Menteri Sosial baru, menggantikan Tri Rismaharini.

Sekjen PBNU Gus Ipul Resmi Dilantik Jokowi sebagai Mensos
Sekjen PBNU Gus Ipul Resmi Dilantik Jokowi sebagai Mensos. Gambar : Tangkapan Layar Youtube/@Sekretariat Presiden

BaperaNews - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja melantik Saifullah Yusuf sebagai menteri sosial (Mensos) menggantikan Tri Rismaharini.

Pelantikan ini berlangsung di Istana Negara, Jakarta Pusat, pada Rabu, (11/9). Keputusan ini diambil berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 102/P Tahun 2024 yang mengatur pemberhentian dan pengangkatan menteri dalam Kabinet Indonesia Maju.

Dalam acara pelantikan tersebut, Jokowi membacakan sumpah jabatan yang diikuti oleh Gus Ipul atau Saifullah Yusuf.

"Demi Allah saya bersumpah. Bahwa saya, akan setia kepada UUD Negara RI tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Jokowi. 

Baca Juga: Presiden Jokowi Tinjau Manajemen dan Kualitas Pelayanan Kesehatan di RSUD Dr Zainoel Abidin

Sebelumnya, Gus Ipul menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PB Nahdlatul Ulama (PBNU). Pelantikan Gus Ipul terjadi di tengah masa jabatan Jokowi yang semakin mendekati purnatugas. 

Tri Rismaharini, yang sebelumnya menjabat sebagai menteri sosial, mengundurkan diri untuk mengikuti pemilihan kepala daerah di Jawa Timur. 

Dalam sambutannya, Jokowi menekankan pentingnya etika dalam menjalankan tugas jabatan.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab," lanjutnya. 

@baperanews.com Presiden Jokowi Lantik Sekjen PBNU Gus Ipul sebagai Mensos dan Irjen Eddy Hartono sebagai Kepala BNPT #jokowidodo #gusipul #eddyhartono #pelantikan ♬ BCC News - Ockeroid

Baca Juga: Jelang Purnatugas, Jokowi Akan Ngantor di IKN selama 40 Hari Mulai Besok