Irjen Eddy Hartono Resmi Dilantik Jokowi sebagai Kepala BNPT

Presiden Jokowi melantik Irjen Eddy Hartono sebagai Kepala BNPT menggantikan Komjen Mohammed Rycko Amelza Dahniel.

Irjen Eddy Hartono Resmi Dilantik Jokowi sebagai Kepala BNPT
Irjen Eddy Hartono Resmi Dilantik Jokowi sebagai Kepala BNPT. Gambar : Tangkapan Layar Youtube/@Sekretariat Presiden

BaperaNews - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja melantik Irjen Eddy Hartono sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Pelantikan ini berlangsung di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu, (11/9). Dengan pelantikan ini, Eddy Hartono resmi menggantikan Komjen Mohammed Rycko Amelza Dahniel.

Acara pelantikan ini dipimpin langsung oleh Jokowi, yang juga melantik Saifullah Yusuf atau Gus Ipul sebagai Menteri Sosial, menggantikan Tri Rismaharini.

Dalam momen tersebut, Jokowi mengambil sumpah jabatan yang diikuti oleh Eddy Hartono dan Gus Ipul. 

“Bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” ucap Jokowi, diikuti oleh Eddy Hartono dan Gus Ipul. 

Sejumlah pejabat hadir dalam acara pelantikan ini, termasuk Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Menko PMK Muhadjir Effendy, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. 

Baca Juga: Sekjen PBNU Gus Ipul Resmi Dilantik Jokowi sebagai Mensos

Sebelum menjabat sebagai Kepala BNPT, Eddy Hartono memiliki rekam jejak yang cukup baik di Densus 88 Anti Teror Polri.

Selama di Densus 88, Eddy Hartono meniti karier dari Kabid Investigasi hingga menjadi Kepala Densus 88 pada tahun 2015. Selain itu, ia juga pernah bertugas di BNPT dari tahun 2018 hingga 2021, sebelum akhirnya menjabat sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat 1 Sespim Lemdiklat Polri.

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, juga menegaskan bahwa pelantikan ini merupakan langkah strategis dalam memperkuat posisi BNPT.

“Bapak Presiden juga akan melantik Ibu Aida Suwandi Budiman sebagai anggota Dewan Komisioner LPS dan Irjen Pol. Eddy Hartono sebagai Kepala BNPT,” kata Ari. 

@baperanews.com Presiden Jokowi Lantik Sekjen PBNU Gus Ipul sebagai Mensos dan Irjen Eddy Hartono sebagai Kepala BNPT #jokowidodo #gusipul #eddyhartono #pelantikan ♬ BCC News - Ockeroid

Baca Juga: Presiden Jokowi Tinjau Manajemen dan Kualitas Pelayanan Kesehatan di RSUD Dr Zainoel Abidin