Satu RW di Pluit Terpasang CCTV, Guna Cegah Kriminalitas

Seluruh wilayah RW 18 Kelurahan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara terpasang oleh kamera CCTV untuk mencegah dan menangani tindak kriminalitas.

Satu RW di Pluit Terpasang CCTV, Guna Cegah Kriminalitas
Kamera CCTV Terpasang di 113 Titik Wilayah Pluit, Jakarta Utara. Gambar : Antara/Dok. Mohammad Ayudha

BaperaNews - Seluruh wilayah RW 18 Kelurahan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara diberi CCTV untuk mencegah dan menangani tindak kriminalitas lebih cepat. Total CCTV di Pluit yang dipasang sebanyak 113 buah. CCTV di pluit dipasang pihak desa setempat bekerjasama dengan kepolisian.

“Peresmian pemasangan CCTV ini ialah implementasi dari program penjaminan keamanan dan ketertiban masyarakat khususnya di wilayah Penjaringan” kata Kapolsek Penjaringan Kompol Bobby Danuardi pada Jumat (7/7).

Pemasangan dilakukan di titik-titik yang dianggap rawan tindak kriminal. Bobby memberi apresiasi pada masyarakat yang mau berperan aktif menjaga keamanan di wilayahnya.

“Kami sangat memberi apresiasi atas peran serta warga RT 18 Pluit ini karena telah peduli pada keamanan dan ketertiban di lingkungannya, semoga ini bisa menjadi contoh untuk pengurus dan warga lain di wilayah lainnya. Tentu segala tindak kejahatan maupun pidana bisa lebih mudah dipantau dengan adanya CCTV di Pluit ini, mudah tertangani” lanjutnya.

Bobby yakin ke depannya ada RW lain yang akan lakukan hal serupa, agar angka kejahatan bisa diminimalkan.

“Kedepannya, pasti akan ada yang menambah CCTV” pungkas Bobby.

Baca Juga : Ibu Disekap dan Dijadikan PSK, 2 Anak Cianjur Minta Bantuan Kapolri

Memang dengan adanya CCTV, segala yang terjadi di wilayah tersebut bisa lebih mudah dipantau atau diawasi. Tidak hanya tindak kejahatan atau kriminal saja, namun juga bisa mengetahui sebab atau fakta dari suatu kejadian.

Misalnya jika ada musibah kecelakaan atau kebakaran, bisa dipantau dengan jelas dari mana dan sebabnya kejadian itu berasal, sehingga pihak kepolisian pun bisa lebih mudah membereskan suatu kasus.

Warga merasa lebih aman dengan adanya wilayah Pluit pasang CCTV tersebut. Setidaknya ada bukti rekaman jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Para pelaku tindak kriminal juga akan berpikir ulang 2 kali dengan adanya CCTV, sebab perilakunya bisa dengan mudah terdeteksi dan bisa dengan mudah tertangkap oleh polisi. Dengan demikian, warga yang tinggal merasa lebih nyaman berkat wilayah Pluit pasang CCTV.

CCTV perlu modal dan kemampuan untuk memasangnya, harus ada pihak yang memahami penyimpanan datanya. Diperlukan warga yang kompeten di bidang ini.

Diharapkan apa yang dilakukan warga RT 18 wilayah Pluit pasang CCTV ini bisa ditiru dan diterapkan warga lain di Indonesia agar bisa ikut menjaga keamanan dan ketertiban lingkungannya secara mandiri.

Baca Juga : Modus Baru, Pencuri Tangsel Incar Ban Bocor