Riot Games Kembali Layangkan Gugatan Terhadap Moonton Yang Diduga Menjiplak League of Legends

Riot Games dikabarkan kembali melayangkan gugatan terhadap Shanghai Moonton Technology karena diduga meniru secara terang-terangan game League of Legends versi mobile!

Riot Games Kembali Layangkan Gugatan Terhadap Moonton Yang Diduga Menjiplak League of Legends
Riot Games Kembali Layangkan Gugatan Terhadap Moonton Yang Diduga Menjiplak League of Legends. Gambar: Dok. Mobile Legends

BaperaNews - Riot Games yang merupakan pengembang sekaligus penerbit game League of Legends dikabarkan kembali melayangkan gugatan terhadap Shanghai Moonton Technology. Dalam gugatan yang dilayangkan oleh Riot Games menyebutkan bahwa Moonton telah meniru secara terang-terangan game League of Legends versi mobile.

Dilansir dari Reuters, gugatan itu telah didaftarkan pada pengadilan federal Los Angeles, Amerika Serikat. Pada gugatannya, Riot Games menyebut Mobile Legends: Bang Bang meniru beberapa elemen dari game League of Legends: Wild Rift, termasuk materi promosinya.

Menurut Riot Games, Moonton meniru sejumlah aspek baru dari League of Legends: Wild Rift setelah game tersebut diperbarui. Beberapa kesamaan itu termasuk antarmuka pengguna, desain karakter, kemampuan, serta aksesori.

Tak hanya itu, Riot Games menilai bahwa sejumlah material pemasaran pun ditiru oleh Moonton. Riot Games menuliskan dalam gugatannya, Moonton telah meniru League of Legends di perangkat mobile setidaknya sejak awal 2015. Dalam gugatan itu juga disebutkan bahwa kini Mobile Legends: Bang Bang telah diinstal lebih dari 500 juta kali dari Google Play Store.

Dalam gugatan terabrunya, ditujukan pada judul pengganti bernama Mobile Legends: Bang-Bang. Pihak Riot Games ingin Moonton menghentikan aksi plagiarisme yang disengaja dan berupaya membonceng kepopuleran konten-konten milik League of Legends: Wild Rift.

Baca Juga: Bocoran Skin Revamp Hero Vexana Mobile Legends, Berikan Perubahan Tampilan Yang Signifikan

"Strategi Moonton adalah meniru secara terang-terangan. Saat Riot Games memperbarui video gamenya, Moonton akan menyalinnya. Saat Riot Games memperbarui materi promosi game, Moonton menyalinnya. Dan ketika Riot Games merilis trailer baru, Moonton menyalinnya," ungkap Riot Games dalam gugatannya.

Riot Games juga melampirkan beragam bukti untuk menegaskan bahwa Moonton memang melanggar hak cipta. Beberapa di antaranya seperti video trailer Pool Party dengan Summer Splash, lalu skill hero, senjata hero, skin Singed oleh Roger atau Garen oleh Alucard dan masih banyak lagi.

Sebagai informasi, gugatan ini bukan kali pertama perseteruan antara Riot Games dengan Moonton. Pada tahun 2018 silam, Riot Games juga sempat melayangkan gugatan serupa untuk game Mobile Legends: 5v5 MOBA.

Lalu, di awal tahun ini, perusahaan juga mengajukan gugatan serupa ke pengembang asal Vietnam karena dianggap meniru komponen yang ada di League of Legends. Terkait gugatan yang dilayangkan oleh Riot Games, pihak Moonton sendiri belum memberikan pernyataan apa pun. Lantaran, belum diketahui seperti tanggapan perusahaan asal Tiongkok tersebut. 

Baca Juga: Gotham Knights Diduga Akan Hadirkan Mode Co-op Dengan 4 player