Ramai Pertanyaan Soal Pendaftaran CPNS Kemenkumham 2023, Apakah Sudah Dibuka?

Ramai pertanyaan mengenai CPNS 2023 di Kemenkumham memenuhi sejumlah media sosial, memasuki awal tahun 2023, apakah CPNS Kemenkumham 2023 sudah dibuka?

Ramai Pertanyaan Soal Pendaftaran CPNS Kemenkumham 2023, Apakah Sudah Dibuka?
Ilustrasi CPNS Kemenkumham. Gambar : Kemenkumham.go.id

BaperaNews - Beredar berbagai pertanyaan tentang seleksi CPNS (calon pegawai negeri sipil) di Kemenkumham (Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia) 2023 memenuhi sejumlah media sosial sejak awal tahun 2023 ini.

“Info CPNS Kemenkumham sipir Jabar kapan dibuka”, “Info dong kapan pendaftaran CPNS Kemenkumham 2023”, tanya sejumlah warganet.

Kemenkumham kemudian meresponnya, Sekjen Kemenkumham Komjen Pol Andap Budhi menyebut memang banyak isu tentang pendaftaran CPNS Kemenkumham 2023. ia mengaku melihat isu-isu tersebut di berbagai media online, namun ia memastikan, hingga saat ini, CPNS Kemenkumham belum dibuka.

“Pengumuman penting! Kemenkumham RI sampai saat ini belum mengeluarka n infro tentang pembukaan dan penerimaan CPNS Kemenkumham 2023. Jika ada informasi yang mengatasnamakan Kemenkumham RI dipastikan itu hoax atau tidak benar. Seluruh informasi CPNS Kemenkumham bisa dilihat di media sosial resmi @kemenkumhamri dan website cpns.kemenkumham.go.id”  bunyi pengumuman di instagram Kemenkumham.

Baca Juga : Lowongan CPNS Dan PPPK 2023: Syarat, Formasi, Hingga Besaran Gaji

Maka dari itu, Andap menghimbau agar warga tidak tertipu dengan informasi palsu, segala informasi hanya disampaikan di Instagram dan website resmi Kemenkumham. “Perlu ditegaskan informasi tersebut tidak benar, dan telah kami beritahukan di Instagram” pungkasnya. Jadi belum ada pembukaan pendaftaran CPNS Kemenkumham 2023.

Memang pemerintah sempat mengumumkan di tahun ini bahwa CPNS 2023 akan tetap dibuka, namun tanggalnya belum pasti. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar memberi kisi sedikit tentang formasi yang dibuka yakni prioritas untuk hakim, dosen, guru, jaksa, dan tenaga teknis lain.

Formasi lain yang dibutuhkan ialah talenta digital dan jabatan pelaksana prioritas sesuai Peraturan Menteri PANRB 45/2022 tentang Jabatan Pelaksana Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Syarat CPNS 2023

Dilansir dari laman SSCASN BKN, hanya peserta dengan kriteria tertentu yang diperbolehkan mendaftar CPNS 2023.

Syarat daftar CPNS 2023 :

  • WNI umur 18-35 tahun.
  • Tidak pernah dipenjara 2 tahun atau lebih.
  • Tidak perneh diberhentikan dengan tidak hormat sebagai PNS/ TNI/ Polri maupun swasta.
  • Tidak berkedudukan sebagai PNS, TNI, atau Polri serta bukan anggota Partai politik.
  • Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai syarat.
  • Sehat jasmani rohani.
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia yang ditentukan pemerintah.

Informasi seputar CPNS maupun PPPK akan senantiasa kami update, kami sampaikan sesuai pengumuman resmi di website milik pemerintah terkait. Jadi tunggu saja ya!

Baca Juga : RUU: Skema Pensiun Dini Massal ASN Dilakukan Untuk Perampingan