4 Hal Menarik di Semifinal Piala AFF 2022

Pertandingan babak semifinal Piala AFF 2022 menimbulkan banyak kejadian viral di media sosial, apa saja hal viral itu? Simak selengkapnya disini!

4 Hal Menarik di Semifinal Piala AFF 2022
Semifinal Piala AFF 2022. Gambar : Bola.com/Bagaskara Lazuardi

BaperaNewsTurnamen sepak bola skala ASEAN, Piala AFF 2022 telah masuk babak semifinal. Leg 1 telah dilaksanakan yakni Indonesia vs Vietnam 0-0 dan Malaysia vs Thailand 1-0. Laga leg 2 akan dilaksanakan kembali pada 10-11 Januari 2023. Namun, terdapat sejumlah hal viral di Piala AFF 2022, yuk simak!

1. Suporter Malaysia Pakai Laser, Serang Pemain Thailand dan Wasit

Aksi tidak terpuji dilakukan sejumlah suporter Malaysia di laga leg 1 semifinal Piala AFF 2022 Malaysia vs Thailand hari Sabtu (7/1) di Stadion Bukit Jalil Kuala Lumpur, laser sengaja dikenakan ke pemain Thailand dan wasit yang bertugas.

Salah satu yang jadi sasaran ialah bek Thailand Pansa Hemviboon dan wasir Kim Dae Young. Kelakuan buruk suporter Malaysia tersebut pun viral, ramai kritik di media sosial, tindakan oknum suporter tersebut dianggap mengganggu konsentrasi pemain Thailand.

Di sejumlah unggahan media sosial, Nampak dengan jelas wajah hemviboon sering kena tembakan laser hijau. Sedangkan pada wasit Dae Young yang paling terekam jelas pada menit ke-55, Nampak laser hijau mengenai wajah dan lehernya.

Tidak kali ini saja, suporter Malaysia berbuat buruk, pada tahun 2010 lalu juga terjadi hal serupa yakni pemain Indonesia diserang laser, suporter Malaysia pun menyerang laser kepada pemain Vietnam di Piala AFF 2014.

Baca Juga : Suporter Indonesia Bersihkan Sampah Stadion GBK Usai Laga Indonesia Vs Thailand

Media Thailand pun mendesak agar ada denda atas insiden ini. Thailand pernah terkena aksi serupa oleh suporter Malaysia pada tahun 2010 dan 2014. Belum diketahui apakah FIFA akan memberi sanksi akibat insiden ini.

2. Pesawat Terlambat, Pemain Indonesia Batal Latihan

Pesawat yang mengangkut Timnas Indonesia ke Hanoi, Vietnam terlambat, hal ini membuat Indonesia gagal menjalani latihan pada Sabtu sore (7/1), padahal di hari Senin (9/1), Indonesia harus menghadapi Vietnam di leg 2 laga semifinal Piala AFF 2022.

Pesawat terlambat 40 menit dari jadwal, Tim Indonesia tidak bisa latihan di sore dan malam harinya, Timnas Indonesia memakai pesawat carteran, sedangkan pemain Vietnam memakai pesawat komersil. Kedua tim dijadwalkan akan menjalani sesi latihan resmi pada sore hari ini Minggu (8/1).

3. Media Korea : STY dan Hang Seo Tak Bisa Tertawa

Media Korea Selatan menyorot laga Indonesia vs Vietnam di Piala AFF 2022 yang mempertemukan dua pelatih asal Korsel yakni Shin Tae Yong dan Park Hang Seo, kedua pelatih tersebut disebut tak bisa tertawa karena laga berakhir tanpa gol 0-0.

“STY dan Hang Seo tak bisa tertawa, tak bisa tentukan siapa pemenang di leg pertama, Perang ketegangan lebih kuat” tulisnya. Media Korsel juga membahas komentar para pelatih usai laga yakni pada saat Hang Seo berkata “Indonesia bagus, tapi Vietnam lebih kuat”. STY kemudian membalas “Kalau lebih kuat kenapa berakhir imbang 0-0”.

4. Pelatih Thailand : Harusnya kami dapat Penalti

Pelatih Thailand Alexandre Polking menyebut timnya seharusnya mendapat penalti ketika berlaga lawan Malaysia di Leg 1 semifinal Piala AFF 2022 hari Sabtu (7/1). Menurutnya, penalti tersebut seharusnya diberikan sebab ada pelanggaran kiper Malaysia Syihan Hazmi kepada pemain Thailand Ekanit Panya di menit 63.

“Anak buah saya disikut lawan, saya juga melihat dengan jelas, jadi hasil ini tidak fair” tuturnya.

Baca Juga : Hasil Semifinal Piala AFF Malaysia Vs Thailand