Raja Salman Bayarkan Hewan Kurban dengan Uang Pribadinya untuk 3.322 Jemaah Haji

Raja Salman menunjukkan kemurahan hatinya dengan membiayai kurban untuk 3.322 jemaah haji dari 88 negara di Idul Adha 1445 H. Simak seleengkapnya di sini!

Raja Salman Bayarkan Hewan Kurban dengan Uang Pribadinya untuk 3.322 Jemaah Haji
Raja Salman Bayarkan Hewan Kurban dengan Uang Pribadinya untuk 3.322 Jemaah Haji. Gambar: Dok. AFP/Getty Images

BaperaNews - Di perayaan Idul Adha 1445 H kemarin, Raja Salman dari Arab Saudi, yang dikenal dengan kemurahan hatinya, kembali melakukan aksi mulia. Beliau membayari biaya hewan kurban untuk 3.322 jemaah haji menggunakan uang pribadinya. 

Menurut laporan dari Saudi Press Agency pada Senin, (17/6), para jemaah tersebut berasal dari 88 negara dan seluruhnya merupakan tamu program haji, umrah, dan visitasi pemerintah Arab Saudi.

Menteri Urusan Islam, Dakwah, dan Bimbingan, Abdullatif bin Abdulaziz Al-Sheikh, memuji tindakan Raja Salman.

Ia menyebutnya sebagai "perpanjangan dari kemurahan hatinya kepada seluruh umat Islam". Tahun lalu, raja Arab Saudi tersebut menanggung biaya hewan kurban untuk 4.951 orang dari 92 negara yang menunaikan ibadah haji di bawah program yang sama.

Idul Adha merupakan salah satu hari raya terpenting dalam kalender Islam, selain Idul Fitri. Umat Islam di seluruh dunia merayakan hari raya ini dengan menyembelih hewan seperti sapi dan kambing.

Hal ini untuk memperingati peristiwa kurban ketika Nabi Ibrahim bersedia mengorbankan putranya Ismail atas perintah Allah. Daging hewan yang disembelih kemudian dibagikan kepada keluarga, teman-teman, dan disumbangkan kepada orang miskin.

Baca Juga: Imbas Cuaca Panas Ekstrem, 14 Jemaah Haji Yordania Meninggal Dunia

Perayaan Idul Adha berlangsung selama tiga hari. Di Arab Saudi, perayaan Idul Adha dimulai pada Ahad, 16 Juni 2024, berbeda dari tanggal yang ditetapkan pemerintah Indonesia pada 17 Juni 2024.

Tahun ini, lebih dari 1,83 juta jemaah melakukan perjalanan ke Arab Saudi untuk memperingati musim haji, menurut data dari Otoritas Umum Statistik Arab Saudi (GASTAT).

Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.611.310 jemaah berasal dari luar Arab Saudi, sementara 221.854 jiwa adalah jemaah dalam negeri — baik warga negara maupun penduduk.

Rincian jemaah haji internasional menunjukkan bahwa 22,3 persen berasal dari negara-negara Arab, 63,3 persen dari negara-negara nonArab di Asia, 11,3 persen dari negara-negara nonArab di Afrika, dan 3,2 persen dari Eropa, Amerika, Australia, dan wilayah lain yang tidak diklasifikasikan.

Raja Salman juga mengucapkan selamat Idul Adha pada 16 Juni melalui sebuah cuitan di media sosial X (sebelumnya Twitter). Dalam cuitannya, beliau menuliskan doa agar Tuhan menerima kedatangan para jemaah ke Makkah untuk beribadah haji. 

Baca Juga: Bukti Toleransi, Hampir Separuh Sapi Kurban di Istiqlal Sumbangan dari NonMuslim