PT KAI Izinkan Penumpang Buka Puasa di KRL Selama Ramadhan 2023

PT KAI Commuter mengizinkan para penumpang berbuka puasa di KRL selama bulan ramadhan 2023.

PT KAI Izinkan Penumpang Buka Puasa di KRL Selama Ramadhan 2023
Aturan Buka Puasa di KRL Selama Ramadhan 2023. Gambar : Antara Foto/Dok. Aprillio Akbar

BaperaNews - Buka puasa menjadi momen penting untuk seluruh umat muslim yang menjalankan ibadah puasa ramadhan. Ketika waktu buka puasa tiba, diwajibkan untuk makan atau minum meski sedikit sebagai bentuk pembatalan puasa. Hal ini wajib dilakukan meski sedang melakukan aktivitas lain seperti sedang bekerja atau dalam perjalanan.

Atas dasar hal tersebut, PT KAI Commuter membuat aturan buka puasa di KRL selama bulan ramadhan 2023, dengan mengizinkan penumpang commuter makan dan minum di gerbong jika waktu buka puasa tiba.

“Jika waktu buka puasa tiba, dan para pengguna commuter line sedang dalam perjalanan maka boleh membatalkan puasanya dengan minum atau makan makanan ringan” tutur Vice President Corporate Secretary PT KAI Commuter Indonesia Anne Purba pada Kamis (23/3).

Waktu berbuka puasa yang diberikan selama 1 jam. “Sampai 1 jam setelah waktu buka puasa, petugas akan menginformasi jika tiba waktu buka puasa” sambung Anne Purba.

Namun ada aturan buka puasa di KRL untuk semua penumpang, yakni wajib menjaga kebersihan dan kenyamanan penumpang lain selama berbuka. Dilarang membuang sampah sembarangan atau membuat makanan dan minuman tercecer. Gerbong dan kursi kereta harus tetap bersih.

Baca Juga : Niat Puasa Ramadhan Lengkap dengan Artinya

Anne juga menegaskan agar penumpang tidak makan atau minum sesuatu yang berbau menyengat. “Kami juga meminta penumpang tidak makan dan minum berlebihan, tidak makan dan minum dengan sesuatu yang berbau menyengat” tegas Anne Purba.

Makanan atau minuman berbau menyengat tentu bisa mengganggu kenyamanan pengguna commuter lainnya, sebab itu diharapkan dengan adanya aturan buka puasa di KRL ini bisa menjadikan penumpang tetap berhati-hati dan menjaga kebersihan kereta.

Hindari makan makanan seperti durian atau yang berbau menyengat lain di dalam kereta. Usahakan untuk minuman seperti air putih atau teh yang ringan, dan makan makanan ringan secukupnya. Jangan sampai makan berlebihan dan membuat pengguna lain tidak nyaman. Itulah aturan buka puasa di KRL selama Ramadhan 2023 yang harus diperhatikan.

Sedangkan untuk jam operasional KAI Commuter Line di Jabodetabek dan Yogya-Solo tetap sesuai jam biasanya. “Jam pelayanan masih sama seperti biasanya tiap pukul 04.00 – 24.00 setiap harinya” pungkas Anne Purba.

KAI Commuter di Jabodetabek tetap mengoperasikan 1.099 perjalanan per harinya, sedangkan Yogya-Solo sebanyak 20 perjalanan di hari weekdays dan 24 perjalanan di akhir pekan.

Baca Juga : Doa Berbuka Puasa Ramadhan yang Benar, Lengkap dengan Artinya