Berhasil Melesat 300 Km Per Jam, Kereta Cepat Segera Beroperasi?

PT Kereta Cepat Indonesia China telah mengklaim, bahwa kecepatan kereta tersebut mencapai 300 Km/jam. Simak beritanya!

Berhasil Melesat 300 Km Per Jam, Kereta Cepat Segera Beroperasi?
Berhasil Melesat 300 Km Per Jam, Kereta Cepat Segera Beroperasi?. Gambar : Dok. Sindonews

BaperaNews - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengklaim berhasil melaju dengan kecepatan 300 km/jam ketika uji coba dengan metode CIT tau kereta inspeksi pada akhir pekan ini.

Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti menyebut uji coba diikuti oleh :

  • Wamen II BUMN Kartika Wirjoatmodjo
  • Deputi Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenkomerves Septian Hari
  • Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Mohamad Risal
  • Dirut KCIC Dwiyana Slamet
  • Dirut KAI Didiek Hartanto, dan jajaran terkait lainnya

Emir mengungkap dalam uji coba tersebut kereta cepat Jakarta Bandung berhasil mencapai puncak kecepatan kereta cepat 300 km/jam berkat penyempurnaan prasarana seperti jalur kereta, persinyalan, kelistrikan, faktor keselamatan, monitoring, dan evaluasi semua alatnya yang dilakukan secara rutin.

“Pengujian kereta cepat Jakarta Bandung di hari ini berjalan sangat lancar meski hujan deras di sepanjang jalur KCJB. Pada pengetesan hari ini, KCJB mampu tembus kecepatan kereta cepat 300 km/jam dengan sangat stabil. Secara bertahap, puncak kecepatan itu akan terus kami tambah” kata Emir hari Jumat (16/6).

Ia menyatakan keberhasilan KCJB melaju dengan kecepatan kereta cepat 300 km/jam ini ialah pencapaian dan progress yang sangat baik dalam tahap pengoperasian KCJB. Selanjutnya akan terus dilakukan pengujian dengan hati-hati dan bertahap hingga bisa mencapai kecepatan penuh di angka 350 km/jam.

Uji Coba Peluncuran KCJB Diunggah di Media Sosial

Video rekaman uji coba kereta cepat Jakarta Bandung ini diunggah oleh PT KCIC di laman resmi Instagramnya @keretacepat_id.

“Menikmati KCJB di kecepatan 300 km/jam! Baca buku, ngopi, minum teh, dan melihat pemandangan dengan kecepatan 300 km/jam sebentar lagi bisa jadi kenyataan nih. Dengan kestabilan maksimal, dijamin kamu bisa nikmati perjalanan dengan cepat dan nyaman. Habis ini kita coba makan di kereta uk. Ada yang punya ide enaknya makan apa?” tulis KCJB dalam unggahannya.

Dalam unggahan tersebut diperlihatkan isi KCJB berupa sofa panjang dengan meja di sampingnya. Perekam duduk di dekat jendela di samping meja. Kereta berjalan cepat, di meja ada gelas berisi minuman, ponsel, dan uang koin yang semuanya tetap tenang tidak bergetar sedikitpun meski berada di dalam kereta yang melaju super cepat. Nampak pula pemandangan indah sepanjang jalur KCJB yang bisa dinikmati dari jendela.

KCJB ialah program serius pemerintah untuk memperbaiki dan memaksimalkan infrastruktur tanah air. KCJB direncanakan akan beroperasi untuk publik pada Agustus 2023 mendatang. Semoga semua prosesnya lancar serta KCJB nantinya bisa dinikmati dengan aman, cepat, dan nyaman ya!

Baca Juga : Respon Kemenhub Terkait Jadwal KCJB Bakal Mundur