PSI Ungkap Kaesang Tak Sodorkan Namanya ke PKS untuk Pilkada 2024

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep menyatakan tidak menyodorkan namanya ke DPP PKS untuk Pilkada 2024 dalam pertemuan tertutup PSI-PKS. Baca selengkapnya di sini!

PSI Ungkap Kaesang Tak Sodorkan Namanya ke PKS untuk Pilkada 2024
PSI Ungkap Kaesang Tak Sodorkan Namanya ke PKS untuk Pilkada 2024. Gambar: VIVA.co.id/Yeni Lestari

BaperaNews - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep, mengungkapkan bahwa dirinya tidak menyodorkan namanya ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk Pilkada 2024.

Hal ini disampaikan Kaesang setelah pertemuan tertutup antara jajaran DPP PSI dan DPP PKS, yang berlangsung pada Senin (8/7).

Dalam konferensi pers yang diadakan di Kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Kaesang Pangarep menegaskan bahwa dirinya tidak menyodorkan nama untuk dicalonkan oleh PKS.

"Di forum tadi, sudah pasti saya tak sodorkan nama saya ke DPP PKS," ujarnya kepada wartawan.

Pertemuan tersebut dipimpin langsung oleh Kaesang bersama dengan Presiden PKS, Ahmad Syaikhu. Kaesang juga menanggapi keputusan PKS yang mengusung pasangan Anies Baswedan dan Sohibul Iman untuk Pilkada Jakarta 2024. 

"Untuk mengenai koalisi yang akan segera dibangun oleh DPP PKS, yang mengusung Pak Anies dan Pak Sohibul, itu nanti akan kami bahas kembali di DPP PSI," jelasnya.

Ahmad Syaikhu, Presiden PKS, mengungkapkan bahwa partainya telah memutuskan untuk mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur dan Sohibul Iman sebagai bakal calon wakil gubernur di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024. Keputusan ini diambil setelah mempertimbangkan masukan dari kader PKS di DKI Jakarta.

Baca Juga: Bantah Sekjen PKS soal Jokowi Sodorkan Kaesang, Zulhas: Nggak bener, Tahu dari Mana Dia?

“Pada rapat hari Kamis 20 Juni 2024 telah memutuskan, mengusung bapak Anies Rasyid Baswedan sebagai bakal calon gubernur dan bapak Muhammad Sohibul Iman sebagai bakal calon wakil gubernur, siap memperjuangkan memenangkannya," kata Syaikhu dalam pernyataan yang dibuat di kawasan Sudirman, Jakarta, Selasa (25/6).

Menurut Syaikhu, baik Anies Baswedan maupun Sohibul Iman memiliki rekam jejak yang baik selama berkarir di dunia politik. Syaikhu juga menginstruksikan kepada seluruh kader PKS untuk berjuang memenangkan pasangan tersebut. 

"Siap memenangkan pasangan Anies-Iman? Siap memenangkan pasangan AMAN? Amankan, menangkan, amankan Jakarta Aman, Jakarta menang," ujarnya dengan penuh semangat.

Kaesang Pangarep dari PSI juga menunjukkan kesediaannya untuk berdiskusi lebih lanjut tentang potensi koalisi yang akan dibangun oleh PKS.

Meski tidak menyodorkan namanya, Kaesang tetap membuka pintu bagi berbagai kemungkinan yang akan terjadi dalam kancah politik Pilkada 2024.

Koalisi antara PSI dan PKS masih dalam tahap pembahasan internal, khususnya terkait dengan pasangan calon yang akan diusung. Keputusan PKS untuk mengusung pasangan Anies Baswedan dan Sohibul Iman menjadi fokus utama yang akan dibahas di internal PSI.

Kaesang Pangarep menekankan pentingnya diskusi dan kolaborasi dalam menentukan arah dan strategi yang akan diambil oleh partainya.

Baca Juga: Golkar Masih Kaji Opsi Duetkan Ridwan Kamil dan Kaesang di Pilgub Jakarta