Presiden Jokowi Tiba Di China, Temui Xi Jinping Bahas Hal Ini!

Presiden Jokowi, Ibu Negara Iriana dan rombongan tiba di China. Jokowi dan Presiden China Xi Jinping bakal bahas hal ini saat temui Xi Jinping.

Presiden Jokowi Tiba Di China, Temui Xi Jinping Bahas Hal Ini!
Jokowi tiba di China. Gambar : BPMI Setpres/Laily Rachev

BaperaNews - Presiden Jokowi bersama ibu Negara Iriana dan rombongan tiba di Beijing International Airport, China pada Senin (25/7) pukul 21.37 waktu setempat setelah menempuh perjalanan udara selama 6 jam 40 menit.

Jokowi disambut oleh Wakil Menteri Luar Negeri China Wu Jiang Hao, Duta Besar LBBP RI di Beijing Djauhari Oratmangun, dan Atase Pertahanan RI di Beijing Marsma Bayu. Selanjutnya dengan mobil yang telah disediakan pemerintah China, Jokowi menuju ke penginapan Diaoyutai State Guesthouse.

Setiba di penginapan khusus di China tersebut, Jokowi disambut oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi serta Menteri Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan.

Jokowi dijadwalkan bertemu Presiden China Xi Jinping dan Perdana Menteri China Li Keqiang pada hari ini Selasa (26/7).

Presiden Jokowi dan Presiden China Xi Jinping merupakan pemimpin Negara yang punya hubungan dekat yang terbilang spesial, Jokowi dan Xi Jinping pernah bertemu lebih dari 10 kali baik dalam acara resmi maupun tidak resmi.

“Presiden Jokowi dan Xi Jinping sudah bertemu sebanyak 10 kali” ujar Dubes China untuk Indonesia Lu Kang.

Selain pertemuan, Jokowi juga sering melakukan panggilan telepon dengan Xi Jinping  sebanyak 6 kali di masa awal pandemi Covid-19 tahun 2020 dan pada Januari - Maret 2022, Keduanya telah berkomunikasi melalui telepon sebanyak dua kali.

Baca Juga : Selandia Baru Dan Australia Beri Peringatan Dan Batasan Ke Indonesia

Sedangkan kunjungan Jokowi ke China kali ini ialah dalam rangka lawatan (kunjungan) kenegaraan Asia Timur.

Setelah dari China, Jokowi beserta rombongan akan menuju Jepang dan Korea Selatan. Jokowi membawa misi penguatan kerjasama ekonomi dalam kunjungan tersebut.

“Fokus kunjungan ialah membahas penguatan kerjasama ekonomi, khususnya di bidang investasi dan perdagangan” jelas Menlu Retno (21/7).

Presiden Jokowi juga akan membahas sejumlah isu di kawasan Asia Pasifik.

“Selain membahas kerjasama bilateral, Jokowi dan para pemimpin ketiga Negara tersebut juga membahas perkembangan terakhir beberapa isu kawasan dan isu internasional” imbuhnya.

Jokowi ialah pemimpin Negara pertama yang diterima Xi Jinping pada tahun 2022 ini. Jokowi akan bertemu Xi Jinping pada Selasa (26/7) sore waktu setempat.

“China akan menjadi perhatian dalam perjalanan pertamanya (Presiden Jokowi) ke Asia Timur sejak awal Covid-19 ini, sepenuhnya menunjukkan pentingnya kedua Negara tersebut melekat pada bilateral” jelas Jubir Kemenlu China Wang Wenbin.