Pos Polisi Graha Bunga Bintaro Kebakaran, Polisi Sebut Bangunan Sudah Tak Layak

Pos Polisi Graha Bunga di Bintaro terbakar hebat pada 23 Juli 2024. Kebakaran ini mengakibatkan bangunan ludes dan kerugian besar bagi warga sekitar.

Pos Polisi Graha Bunga Bintaro Kebakaran, Polisi Sebut Bangunan Sudah Tak Layak
Pos Polisi Graha Bunga Bintaro Kebakaran, Polisi Sebut Bangunan Sudah Tak Layak. Gambar: Intan Afrida Rafni

BaperaNews - Pos Polisi Graha Bunga yang terletak di Bintaro, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, mengalami kebakaran hebat pada Selasa malam, (23/7). Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 22.30 WIB ini mengakibatkan bangunan pos polisi tersebut ludes terbakar dan menimbulkan kerugian signifikan bagi warga sekitar.

Menurut Kapolsek Pondok Aren, Komisaris Polisi Bambang Askar Sodiq, Pos Polisi Bintaro yang terbakar diketahui sudah dalam kondisi yang tidak layak pakai.

"Bangunan estimasi dibangun 1987 dan sampai saat ini belum ada perbaikan. Kami cek memang sudah tidak layak," ujarnya.

Tim Pusat Laboratorium dan Forensik (Puslabfor) Mabes Polri sedang melakukan penyelidikan untuk menentukan penyebab kebakaran. Beberapa barang bukti, seperti kabel dan meteran listrik yang terbakar, telah diamankan dari lokasi.

"Suara ledakan yang terdengar berasal dari pecahan kaca, bukan dari sumber lain," tambah Bambang.

Baca Juga: Petugas Damkar Sebut Pompa Mobil Damkar Ada Kendala Saat Kebakaran di Gereja Depok

Kebakaran berhasil dipadamkan dalam waktu sekitar satu jam oleh warga dan petugas pemadam kebakaran. Namun, kebakaran tersebut juga berdampak pada warung di sekitar pos polisi. Pemilik warung, Iis, atau yang akrab dipanggil Bewok, mengalami kerugian hingga Rp15 juta akibat barang dagangannya yang terbakar.

"Saya baru saja membeli barang-barang dagangan, termasuk lebih dari 50 dus air mineral. Sebagian besar barang tersebut ludes terbakar," jelas Bewok.

Pihak kepolisian masih menunggu hasil pemeriksaan dari Tim Puslabfor untuk mengetahui penyebab pasti dari pos polisi terbakar di Bintaro.

"Kami tidak bisa menduga-duga penyebabnya dan akan menunggu kepastian dari hasil penyelidikan Puslabfor," kata Bambang.

Selama proses penyelidikan, aktivitas pelayanan di Pos Polisi Bintaro dialihkan ke markas Polsek Pondok Aren yang tidak jauh dari lokasi kebakaran.

Pihak kepolisian berharap agar proses ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan kepastian kepada masyarakat mengenai penyebab kebakaran dan langkah perbaikan yang akan diambil.

Baca Juga: SDN Pondok Bambu 01 Jaktim Kebakaran, Semua Bangunan Dilalap Api