Pesawat Jokowi Sempat Berputar 360 Derajat Di Turki Dan Iran, Kok Bisa?

Pesawat yang membawa Presiden Jokowi untuk terbang ke Jerman nampak berputar 360 derajat di atas langit Turki dan Iran.

Pesawat Jokowi Sempat Berputar 360 Derajat Di Turki Dan Iran, Kok Bisa?
Gambar : Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

BaperaNews - Pesawat yang membawa Presiden Jokowi untuk terbang ke Rusia, Jerman, dan Ukraina yang memiliki kode GA1 nampak berputar 360 derajat di atas langit Turki dan Iran, hal ini diketahui dari situs Flightradar24 pelacak penerbangan hari Senin 27 Juni 2022.

Pada jam 14.34 WIB, situs tersebut menampilkan garis rute ungu penerbangan yang telah ditempuh GA1, dimulai dari Bandara Soetta Tangerang pada hari Minggu 26 Juni 2022 jam 10.23 WIB, pesawat kemudian melintasi Sumatera, Laut Hindia, India, Laut Arab, dan Iran.

Beberapa saat setelah masuk wilayah udara Turki, pada jam 19.46 WIB, pesawat melakukan manuver putar balik, GA1 membuat garis memutar di atas langit Tekindere dan Yukaribalcikli Turki. Ketinggian berada di 36 ribu kaki, kecepatan melonjak dari 449 knot jadi 700 knot. Tak lama kemudian, kecepatan pesawat kembali turun ke 442 knot.

Pesawat terus berbelok rutenya di atas wilayah Kazligol Beyarslan, Zincirkiran, Turki. Kemudian masuk ke wilayah Iran di Qur Shaqlu, pesawat bermanuver berputar di wilayah ini, kecepatan pesawat juga naik jadi 524 knot.

Pesawat lanjut melintasi pegunungan Iran, kemudian berputar kembali ke rute arah Jerman, membentuk lingkaran hampir 360 derajat sempurna, ketika manuver pesawat hampir berakhir, kecepatan pesawat kembali ke 442 knot.

Baca Juga : Rusia Pastikan Putin Hadir Di KTT G20 Bali

Rombongan kembali ke wilayah perbatasan Iran – Turki Di Yusefabad dan Yukaribalcikli. GA1 pun melanjutkan perjalanan melewati Turki, Bulgaria, Rumania, Hungaria, Austria, dan mendarat di Munich pada jam 11.47 WIB.

Dirut Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra menjelaskan manuver pesawat dilakukan untuk mengatur waktu kedatangan di Munich. “Pesawat membuat orbit untuk menyesuaikan waktu ketibaan di Munich agar tidak bersamaan dengan delegasi yang lainnya. Bukan masalah keamanan. Aman kok, don’t worry” jelasnya.

Diketahui, kedatangan Jokowi ke KTT G7 ialah dalam rangka posisinya sebagai Ketua Presidensi G20. Jokowi juga akan melanjutkan perjalanan ke Ukraina pada siang hari ini Selasa 28 Juni 2022 untuk bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan kemudian menuju Rusia bertemu Presiden Vladimir Putin dalam rangka misi perdamaian.

Sebelumnya pengamat penerbangan Garry Soedjatman menanyakan sebab manuver pesawat sambil mengunggah gambar di Flightradar24, wartawan pun bertanya ke pihak Istana Kepresidenan namun belum mendapat tanggapan.