Penentu Lolos SNBP, Simak 5 Jenis Sertifikat Bantu Lolos SNBP 2023

Masuk ke PTN lewat jalur SNBP tidak semudah yang dibayangkan, jalur ini menjadi jalur khusus untuk siswa berprestasi. Berikut 5 jenis sertifikat yang bisa menjadi peluang untuk lolos SNBP 2023.

Penentu Lolos SNBP, Simak 5 Jenis Sertifikat Bantu Lolos SNBP 2023
Ilustrasi Foto Sertifikat yang bisa jadi salah satu penentu lolos SNBP 2023. Gambar : unsplash.com/Dok. Lewis Keegan

BaperaNews - Jalur Seleksi Nasional Berdasar Prestasi (SNBP) beda dengan jalur masuk PTN (perguruan tinggi negeri) lainnya. Dulu SNBP disebut dengan SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), jalur ini bisa dikatakan menjadi jalur khusus untuk siswa berprestasi sesuai syarat yang ditetapkan.

Prestasi disini tidak hanya dilihat dari nilai rapor, namun juga prestasi lain yang didapat siswa tersebut. Maka sertifikat lomba baik itu lomba akademik atau non akademik sangat penting dan jadi salah satu acuan kelolosan SNBP 2023.

Sertifikat yang bisa dipakai untuk daftar SNBP 2023

Ada sejumlah sertifikat yang bisa dipakai untuk daftar SNBP 2023, sertifikat tersebut akan diperhitungkan bagi siswa yang mendaftar PTN lewat jalur SNBP 2023.

Jika memiliki sertifikat, peluang untuk lolos akan makin besar. Namun, tidak semua sertifikat yang bisa jadi penentu lolos SNBP. Sertifikat tersebut harus diperhitungkan, dilihat dari nilainya, kategorinya, dan lembaga yang mengeluarkan sertifikatnya. Simak 5 jenis sertifikat yang bisa jadi salah satu penentu lolos SNBP.

Baca Juga : SNBP 2023 Kian Dekat! Inilah 40 Prodi Dengan Persaingan Tertinggi Di SNMPTN 2022

5 Jenis Sertifikat yang Bisa Jadi Salah Satu Penentu Lolos SNBP 2023:

  1. FLS2N

FLS2N ialah sertifikat dari Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional. Berupa perlombaan di bidang akademi seni dan budaya di jenjang SD, SMP, dan SMA. Jika tidak memiliki prestasi bagus di bidang akademik, maka sertifikat di bidang seni dan budaya ini bisa jadi sertifikat peluang untuk lolos SNBP 2023.

  1. Ekstrakurikuler, OSIS, MPK

Jenis sertifikat yang bisa jadi salah satu penentu lolos SNBP yakni sertifikat kepengurusan OSIS, MPK, atau ekstrakurikuler. Adanya sertifikat tersebut menunjukkan siswa yang bersangkutan memiliki jiwa leadership yang bagus, maka sertifikat ini bisa jadi salah satu penunjang yang diperhitungkan untuk bisa lolos SNBP 2023.

  1. Esai dan KTI

Sertifikat selanjutnya ialah lomba karya tulis ilmiah (KTI) dan esai. Biasanya diadakan oleh pihak kampus, diikuti oleh SMA yang punya kreativitas dan punya minat untuk berkompetisi. Siswa yang memiliki sertifikat KTI dan Esai dinilai sebagai siswa yang aktif dan mau upgrade ilmu.

  1. Olimpiade Sains Nasional

Olimpiade Sains Nasional ialah kompetisi tingkat negeri yang diikuti siswa SD, SMP, dan SMA. Berada di bawah naungan Kemendikbudristek langsung. Biasanya mengadakan lomba matematika, ekonomi, fisika, kimia, astronomi, dan lainnya.

Siswa yang memiliki sertifikat ini punya peluang menambah poin untuk bisa lolos SNBP, jika pernah jadi juara minimal di tingkat Kota atau Kabupaten.

  1. O2SN

Sertifikat O2SN yang merupakan singkatan dari Olimpiade Olahraga Siswa Nasional. Dilakukan khusus untuk siswa jenjang SMA sederajat. Olahraga yang dilombakan ialah renang, lari, badminton, karate, atletik, dan pencak silat. Sertifikat 02SN bisa jadi sertifikat peluang untuk lolos SNBP 2023.

Baca Juga : Catat! Ini Jadwal Resmi SNBP Dan UTBK-SNBT 2023