Penampakan Fenomena Strawberry Moon Tadi Malam, Berkilau Sebelum Tertutup Awan

Fenomena strawberry moon atau bulan strawberry nampak 100% menunjukkan pesonanya jika dilihat dari wilayah Jakarta pada Selasa malam 14 Juni 2022.

Penampakan Fenomena Strawberry Moon Tadi Malam, Berkilau Sebelum Tertutup Awan
Fenomena strawberry moon atau bulan strawberry nampak 100% menunjukkan pesonanya jika dilihat dari wilayah Jakarta pada Selasa malam 14 Juni 2022.. Gambar : Unsplash.com/Dok. Zoltan Tasi

BaperaNews - Fenomena bulan strawberry atau strawberry moon nampak 100% menunjukkan pesonanya jika dilihat dari wilayah Jakarta pada Selasa malam 14 Juni 2022. Di sekitar kawasan Cempaka Putih Jakpus dan Mampang Prapatan Jaksel mulai pukul 18.55 WIB nampak bulan bulat penuh dengan warna yang terang, lebih terang dan lebih besar dari bulan purnama biasanya.

Jika diambil foto dengan ponsel, terlihat warna kemerahan di pinggirnya, meski demikian, bulan terkesan tidak begitu detail, tidak nampak bagian kecil di kawahnya, dengan mata telanjang maupun jika dilihat dengan lensa zoom ponsel, hanya ada sinar terang yang berkilau yang kemungkinan karena polusi cahaya dan udara serta awan yang tumbuh di sekitarnya.

Pada jam 20.00 WIB, awan semakin menutup lingkaran bulan yang membuat cahayanya redup. Anda yang tinggal di daerah Jawa seperti Semarang, Yogya, hingga Surabaya juga bisa menikmatinya jika Anda menyadarinya pada malam kemarin, bulan lebih terang dan indah.

Fenomena strawberry moon kali ini disebut lebih terang 30% dan 17% lebih besar, namun hanya bisa diketahui jika dilihat dari teleskop.

Sejumlah Negara di Asia Tenggara juga bisa menikmati penampakan strawberry moon di waktu yang sama, posisinya menentukan prestasi, semakin langit Anda cerah dan bebas polusi, maka  semakin nampak jelas bulannya dan semakin memerah pula penampakan strawberry moon yang Anda nikmati.

Sejumlah warganet mengabadikan fenomena strawberry moon dengan ponsel mereka, yang memang nampak indah, terang, besar, dan kemerahan, diantaranya ialah foto yang diunggah @MyJiEun08 di Twitter, “Aku mencoba memotret bulan strawberry” tulisnya dalam bahasa Inggris disertai gambar strawberry moon. Juga ada unggahan dari @bluemjieuna, “happy strawberry moon eve” lengkap dengan foto bulan strawberry atau strawberry moon yang sedikit tertutup awan namun masih terlihat jelas cahayanya.

Fenomena strawberry moon atau bulan strawberry ini ialah salah satu dari tiga fenomena alam yang bisa dilihat jelas dari bumi pada bulan Juni – Juli 2022, dilansir dari situs BRIN, tiga fenomena tersebut ialah bulan strawberry, bulan baru stroberi mikro, dan bulan purnama rusa super.

Fenomena bulan ini terjadi setiap satu kali dalam satu bulan, yakni ketika posisi bulan berada berlawanan dengan matahari dan bumi.

Baca Juga : Simak! 8 Destinasi Di Mars, Harga Rp 1,4 M Untuk Orang Terkaya Di Bumi