Pelajar SMK Tewas Tenggelam saat Berwisata Bareng Teman di Sungai Oya Bantul

Seorang pelajar SMK meninggal dunia setelah tenggelam di Sungai Oya saat berwisata di Yogyakarta.

Pelajar SMK Tewas Tenggelam saat Berwisata Bareng Teman di Sungai Oya Bantul
Pelajar SMK Tewas Tenggelam saat Berwisata Bareng Teman di Sungai Oya Bantul. Gambar : Ilustrasi Kreator BaperaNews Via Canva

BaperaNews - Seorang pelajar tenggelam di Sungai Oya, Bantul, Yogyakarta ketika berwisata bersama teman-teman sekolahnya ke objek wisata Selopamioro Park di Padukuhan Jetis, Kelurahan Selopamioro, Yogyakarta.

Korban ialah pelajar SMK bernama Dante Aditya (16) warga Krapyak Wetan, Kelurahan Panggungharjo, Bantul. Korban meninggal dunia usai tenggelam di sungai pada hari Sabtu (26/8) pukul 11.00 WIB.

“Korban berangkat wisata bersama 9 orang temannya. Awalnya kumpul di rumah salah satu temannya bernama Irfan kemudian ke lokasi bersama-sama naik sepeda motor berboncengan. Ketika korban tenggelam teman-temannya berusaha menolong namun tidak bisa terselamatkan” jelas Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry.

Korban dan teman-temannya berenang pukul 10.30 WIB di Sungai Oya. 5 menit kemudian, korban melambaikan tangan minta pertolongan. Teman-teman korban berusaha menolong namun korban terlanjur tenggelam ke dasar air.

Korban dipastikan meninggal dunia karena tenggelam, tidak ada tanda kekerasan atau luka di tubuh korban. 

Baca Juga : Bocah 13 Tahun Tenggelam di Area Proyek Bekas Galian di Setiabudi

“Jenazah korban pelajar tenggelam di sungai Oya, Bantul, Yogyakarta selanjutnya diserahkan kepada keluarga dan dimakamkan. Pihak keluarga telah menerima kematian pelajar SMK ini sebagai bentuk musibah, kecelakaan sungai yakni tenggelam” imbuh Nengah.

Keluarga menerima dengan ikhlas kepergian korban. Diduga korban pelajar SMK ini memang tidak bisa berenang dan kurang paham tentang kondisi serta kedalaman sungai Oya sehingga terjadi musibah tersebut.

Rekan-rekan korban yang menjadi saksi segera lapor petugas di kawasan wisata untuk meminta pertolongan namun korban telah meninggal dunia. Pihak petugas kemudian lapor pada aparat kepolisian.

Sungai Oya sendiri ialah kawasan wisata andalan di Yogyakarta. Sungai Oya panjangnya mencapai 107 km dan kedalaman 11 meter. Untuk saat ini karena musim kemarau, kedalaman hanya 4-6 meter, namun bagi seseorang yang tidak berenang, tentu tetap saja beresiko tenggelam.

Kedalaman tiap area sungai tidak sama. Sementara di kawasan wisata sungai Oya juga tidak ada keterangan larangan mandi sehingga banyak dipakai untuk berenang pengunjung.

Pihak kepolisian menghimbau agar berhati-hati ketika berenang di Sungai Oya dan bertanya pada petugas setempat terlebih dahulu tentang kondisi dan kedalaman sungainya agar musibah seperti pelajar tenggelam di sungai Oya, Bantul, Yogyakarta tidak terulang kembali.

Baca Juga : Kapal Ferry Tenggelam di Buton Tengah, 15 Orang Dinyatakan Tewas