Mulai Maret 2023, Fitur Sharing Password Netflix Cuma Bisa Buat yang Serumah

Fitur sharing password Netflix hanya bisa dilakukan untuk orang yang tinggal serumah, kebijakan tersebut akan dilakukan mulai Maret 2023.

Mulai Maret 2023, Fitur Sharing Password Netflix Cuma Bisa Buat yang Serumah
Fitur sharing password Netflix cuma bisa buat yang serumah. Gambar : Unsplash.com/Dok. Marques Kaspbrak

BaperaNews - Aplikasi nonton drama dan film berbayar Netflix kini resmi menyetop kebijakan berbagi password Netflix gratis, aturan ini dijalankan sejak awal tahun 2023. Negara mana saja yang telah mematikan berbagi password Netflix gratis?

Dilansir dari laman dukungan Netflix, dijelaskan kini ada fitur anti sharing password, namun kemudian diralat Netflix. “Untuk hari Selasa, pusat bantuan yang berisi informasi berlaku di Chili, Peru, dan Kosta Rika, ditayangkan di negara lain, kami sudah memperbaruinya” tutur Jubir Netflix Kumiko Hidaka.

Netflix akan meluncurkan fitur berbagi kata sandi dengan tarif khusus dalam beberapa bulan ke depan, program telah diuji di Peru, Chili, dan Kosta Rika.

Dengan fitur sharing password Netflix berbayar tersebut, pengguna harus membayar biaya tambahan jika berbagi dengan pengguna lain di luar rumahnya.

Informasinya saat ini fitur sharing password Netflix tersebut sedang diuji coba di Amerika Tengah dan Selatan. Kumiko Hidaka melanjutkan, layanan sharing password Netflix  berbayar tersebut telah resmi diterapkan di Kosta Rika, Chili, dan Peru pada Maret 2023.

Namun di AS dan Negara-negara lainnya menyusul. Maka hanya orang serumah yang bisa memakai satu langganan Netflix.

Baca Juga : Netflix Akan Larang Pengguna Berbagi Password Mulai Tahun 2023

Agar beberapa perangkat bisa memakai password Netflix gratis bersama, harus terhubung dengan WiFi utama di lokasi, kemudian membuka situs web atau aplikasi Netflix, dan menonton minimal tiap 31 hari di perangkat.

The Verge menyebut hal ini ialah apa yang pengguna harapkan pada Netflix tentang berbagi kata sandi, untuk bisa berlaku secara global. Sebagaimana yang bisa ditimbulkan oleh orang yang hanya perlu menonton di berbagai lokasi atau orang yang suka memakai VPN privasi mereka sendiri di rumah.

Sebelumnya karena password Netflix gratis, pihak Netflix merasa dirugikan dengan fitur berbagi password, dianggap mengurangi keuntungan mereka sebab beberapa orang bisa memakai satu akun Netflix berbayar. Kini kebijakan sharing password Netflix akan diberikan hanya jika pelanggan membayar biaya tambahan.

Biaya ekstra yang telah diuji cobakan di sejumlah Negara Amerika Latin sekitar US$ 3 atau Rp 46.790, dengan cara pemilik akun harus memberi kode verifikasi kepada orang lain yang tidak serumah dengannya namun ingin mengakses akun.

Netflix ingin mendapat pelanggan baru dengan kebijakan ini, mereka juga berharap bisa membatasi orang yang tidak tinggal serumah dengan pemilik akun Netflix terus mengakses akun Netflix tanpa berlangganan secara pribadi.

Baca Juga : Makin Serius! Netflix Bangun Studio Game di Finlandia