Mengenal Lebih Jauh Hepatitis : Penyebab Hepatitis, Gejala Hepatitis, Pencegahan Hepatitis

Mari mengenal lebih jauh apa itu penyakit hepatitis, Penyebab, dan Gejala yang timbul setelah terinfeksi hepatitis. Pahami cara pencegahan agar tidak terinfeksi hepatitis.

Mengenal Lebih Jauh Hepatitis : Penyebab Hepatitis, Gejala Hepatitis, Pencegahan Hepatitis
Ilustrasi Penyakit Hepatitis. Gambar : Unsplash.com

BaperaNews - Hepatitis adalah penyakit yang ditandai dengan peradangan pada organ hati atau liver. Penyebab Hepatitis ditandai dengan beberapa hal, mulai dari infeksi virus, kebiasaan minum alkohol, penggunaan obat-obatan tertentu, penyakit autoimun, dan infeksi cacing hati. Apabila hepatitis tersebut disebabkan oleh infeksi virus, maka hepatitis bisa menular ke orang lain. 

Gejala hepatitis ditandai dengan demam, nyeri sendi, sakit perut, dan penyakit kuning. Gejala hepatitis tersebut bisa berlangsung selama 6 bulan (akut) atau lebih dari 6 bulan (kronis). 

Jika gejala hepatitis tersebut tidak langsung ditangani dengan baik, maka gejala hepatitis tersebut bisa menimbulkan komplikasi, seperti gagal hati, sirosis, atau kanker hati (hepatocellular carcinoma).

Tidak hanya itu, hepatitis juga dapat mengganggu berbagai macam fungsi tubuh, terutama dengan hal metabolisme, kenapa ? karena hati berperan sangat penting dalam metabolisme tubuh.

Antara lain sebagai berikut : 

  1. Bisa menghasilkan empedu untuk pencernaan lemak.
  2. Bisa menguraikan karbohidrat, lemak, dan protein.
  3. Dapat menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh.
  4. Mampu mengaktifkan berbagai enzim.
  5. Dapat membentuk protein seperti albumin dan faktor pembekuan darah.
  6. Bisa menyimpan karbohidrat (dalam bentuk glikogen), vitamin, dan mineral.
  7. Dapat Membuang bilirubin (zat yang membuat tubuh menguning), kolesterol, hormon, dan obat-obatan.

Sudah ada jutaan orang yang mengalami penyakit hepatitis. Akan tetapi, tidak sedikit juga orang yang mengalami penyakit hepatitis dan sampai sekarang masih belum terdiagnosis. Pengobatan yang dipilih juga berbeda-beda tergantung jenis hepatitis yang diderita. Beberapa pencegahan juga perlu dilakukan agar dapat menghindari hepatitis, seperti hal nya imunisasi dan aktivitas pencegahan gaya hidup. 

Baca Juga : Mengenal Lebih Jauh HIV/AIDS : Penyebab, Gejala, Pencegahan

Ilustrasi Peradangan Fungsi Hati. Gambar : Pixabay.com

Apa saja penyebab hepatitis ?

Penyebab hepatitis bisa terjadi karena infeksi maupun bukan karena infeksi. Terdapat beberapa jenis penyebab hepatitis yang disebabkan oleh infeksi virus, yaitu :

  1. Hepatitis A, Diakibatkan oleh virus hepatitis A (HAV). Hepatitis A biasanya menular melalui makanan atau air minum yang terkontaminasi feses dari penderita hepatitis A.
  2. Hepatitis B, Diakibatkan oleh virus hepatitis B (HBV). Hepatitis B dapat menular melalui cairan tubuh yang terinfeksi virus hepatitis B, seperti darah, cairan Miss V, dan air mani.
  3. Hepatitis C, Diakibatkan oleh virus hepatitis C (HCV). Hepatitis C dapat menular melalui cairan tubuh, terutama melalui berbagi pakai jarum suntik dan hubungan seksual tanpa kondom.
  4. Hepatitis D, Diakibatkan oleh virus hepatitis D (HDV). Virus hepatitis D tidak bisa berkembang biak di dalam tubuh manusia tanpa adanya hepatitis B. Hepatitis D dapat menular melalui darah dan cairan tubuh lainnya.
  5. Hepatitis E, Diakibatkan oleh virus hepatitis E (HEV). Hepatitis E mudah terjadi pada lingkungan yang tidak memiliki sanitasi yang baik, akibat kontaminasi virus hepatitis E pada sumber air.
  6. Hepatitis Akibat Kecanduan Alkohol

Penyebab hepatitis bisa terjadi karena mengkonsumsi minuman alkohol secara berlebihan, sebab alkohol bisa menyebabkan peradangan pada hati dan menimbulkan kerusakan pada sel-sel hati secara permanen. Hal tersebut tentu sangat mengganggu fungsi hati. Kondisi tersebut akan bisa berkembang menjadi gagal hati dan sirosis jika tidak segera ditangani. 

  1. Hepatitis Sebab Obat-obatan Tertentu

Jenis hepatitis yang biasa disebut Toxic Hepatitis bisa terjadi karena sering mengkonsumsi obat-obatan tertentu serta melebihi dosis. Hati bisa mengalami peradangan karena bekerja terlalu keras untuk memecah obat-obatan tersebut.

  1. Hepatitis Akibat Autoimun

Penyebab hepatitis yang terjadi karena penyakit autoimun, sistem imun tubuh secara keliru menyerang sel-sel hati sehingga bisa menyebabkan peradangan dan kerusakan hati. 

  1. Hepatitis Sebab Cacing Hati

Infeksi cacing hati juga bisa mengakibatkan peradangan hati, yakni opisthorchiidae dan fasciolidae. Salah satu spesies cacing hati jenis opisthorchiidae yang paling sering menyebabkan infeksi adalah Clonorchis.

Siapapun bisa terkena jenis hepatitis tersebut apabila mengkonsumsi makanan yang dimasak secara tidak matang dan terkontaminasi larva cacing hati tersebut.

  1. Hepatitis Akut Yang Tidak Tahu Sebabnya

Jenis hepatitis yang terakhir adalah hepatitis akut misterius, kenapa disebut akut misterius? karena, hepatitis jenis ini tidak diketahui sebabnya, namun ada dugaan penyakit ini terikat dengan Adenovirus serta SARS- CoV- 2.

Hepatitis akut misterius bisa melanda anak- anak berumur 1 bulan sampai 16 tahun. Di Indonesia, hingga 5 Mei 2022, diketahui telah terdapat 3 anak yang wafat dunia diprediksi akibat menderita hepatitis pada anak yang akut serta misterius ini.

Setelah mengetahui berbagai macam jenis dan penyebab hepatitis, sekarang kami akan membahas gejala hepatitis, kalian semua harus tau apa saja gejala hepatitis agar bisa menjaga-jaga tubuh kalian dari penyakit tersebut.

Apa saja gejala hepatitis?

Seseorang yang mempunyai penyakit hepatitis biasanya tidak merasakan gejala hingga beberapa minggu atau bisa saja sudah terjadi gangguan pada fungsi hati. Para penderita hepatitis biasanya disebabkan oleh infeksi virus, gejala tersebut akan muncul sesudah masa inkubasi, yakni sekitar 2 minggu hingga 6 bulan. 

Gejala umum yang biasanya muncul di tubuh penderita hepatitis adalah :

  1. Merasakan mual dan muntah.
  2. Tubuh demam atau suhu tubuh panas.
  3. Tubuh kalian mudah lelah.
  4. Kotoran yang berasal dari perut berwarna pucat.
  5. Urine berwarna gelap.
  6. Perut terasa nyeri.
  7. Sendi  terasa nyeri.
  8. Nafsu makan hilang.
  9. Penyakit kuning.
  10. Berat badan mengalami penurunan.

Setelah mengetahui berbagai macam gejala hepatitis dan penyebab hepatitis, terkadang kalian bingung cara mencegahnya gimana. Sekarang kami akan membahas pencegahan hepatitis, agar kalian semua bisa mencegah penyakit tersebut sebelum hepatitis masuk dan menyerang tubuh kalian.

Pencegahan Hepatitis. Gambar : Unsplash.com

Bagaimana pencegahan Hepatitis?

Terdapat berbagai cara yang bisa kalian lakukan untuk mencegah atau menurunkan risiko terkena hepatitis. Akan tetapi, semua itu tergantung dari jenis hepatitis yang menyerang tubuh kalian. Seperti halnya, kalian harus pastikan untuk tidak banyak mengkonsumsi alkohol karena bisa mencegah hepatitis alkoholik. 

Berikut ini beberapa cara pencegahan hepatitis yang bisa dilakukan secara umum :

  1. Lakukan vaksinasi. sekarang ini sudah ada vaksin yang dapat  mencegah hepatitis A dan B, tapi untuk hepatitis C belum ada. 
  2. Kurangi minum alkohol. 
  3. Selalu menjaga kebersihan sumber air supaya tidak terkontaminasi virus hepatitis.
  4. Selalu mencuci bahan makanan yang ingin dikonsumsi, yang paling utama kerang dan tiram, sayuran, dan buah-buahan.
  5. Memakai sikat gigi, pisau cukur, atau jarum suntik tidak bergantian dengan orang lain.
  6. Tidak diperbolehkan menyentuh darah tanpa sarung tangan pelindung.
  7. Melakukan hubungan seksual yang aman. Contohnya, memakai kondom tidak berganti-ganti pasangan (setia pada satu pasangan).

Nah, jika kalian semua sudah tau apa itu penyakit hepatitis, penyebab hepatitis, gejala hepatitis, dan cara pencegahan hepatitis, kalian jangan lupa untuk konsultasikan ke dokter. Apabila kalian atau keluarga mempunyai tanda serta gejala seperti di atas, segera berdiskusi dengan dokter buat memperoleh penindakan yang tepat. Semakin cepat hepatitis dianalisis serta mendapatkan penyembuhan, sehingga dampak kurang baik yang bisa jadi terjadi juga bisa dicegah. Tidak hanya itu, pastikan melaksanakan pengecekan raga secara teratur tiap tahunnya supaya badan senantiasa sehat. 

Baca Juga : Buah Yang Cocok Dan Aman Untuk Penderita Asam Lambung