Mau Tinggal Di Apertemen?, Aturan Ini yang Harus Diperhatikan

Tinggal di apartemen tidak sebebas tinggal dirumah, inilah yang harus diperhatikan jika ingin tinggal di apartemen.

Mau Tinggal Di Apertemen?, Aturan Ini yang Harus Diperhatikan
Ilustrasi komplek apartemen di Jakarta. Gambar : KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO

BaperaNews - Melangitnya harga rumah di Jakarta, membuat banyak orang yang memilih untuk tinggal di apartemen karena dianggap lebih murah. Apartemen banyak dijadikan sebagai alternatif oleh para milenial.

Membeli apartemen bisa memberikan kemudahan dari segi akses. Terutama orang – orang yang tinggal di pusat – pusat kota. Cari lokasi yang strategis dan dekat dengan tempat kerja menjadi pertimbangan paling utama.

Apartemen sangat cocok bagi para muda – mudi dan pasangan yang baru menikah dengan penghasilan mulai 8 jutaan. Selain simpel, semua peralatan yang dibutuhkan juga sudah lengkap tinggal terima beres. Berbagai model, ukuran dan desain bisa dipilih sesuka hati.

Pemandangan yang indah saat pagi dan malam hari bisa tentu akan menjadi kesan tersendiri. Terlebih lagi bisa melihatnya dari ketinggian. Banyak gedung pencakar langit dengan gemerlap lampu yang indah di malam hari.

Namun, meski terlihat berkelas, tinggal di apartemen banyak perbedaan dengan rumah tapak biasa. Kalian harus paham betul perbedaannya agar tak menyesal di kemudian hari.

Menurut penjelasan dari Bambang Ekajaya (Wakil Ketua Umum Real Estat Indonesia), tinggal di hunian apartemen wajib memiliki sikap tenggang rasa atau pun toleransi yang tinggi. Karena apartemen ditinggali mulai dari ratusan hingga ribuan orang dalam satu bangunan yang sama.

Kemudian selain harus punya rasa toleransi yang tinggi, penghuni apartemen juga harus mentaati segala bentuk aturan yang telah ditetapkan.

“Menurut saya sih memang tidak bisa bebas seperti halnya tinggal di rumah tapak pada umumnya,” kata Bambang Ekajaya (Wakil Ketua Umum Real Estat Indonesia).

Semua aktivitas yang hendak diselenggarakan, juga harus sesuai dengan aturan yang berlaku, tak bisa sembarangan.

Misalnya saja jika kalian ingin melakukan renovasi ruang di apartemen, ini sangat sulit dilakukan, karena bangunan yang kalian tempati bersinggungan langsung dengan bangunan lain milik penghuni lain. Kemungkinan mengganggu penghuni sekeliling akan sangat besar terjadi. Ini salah satu kendala yang mana sudah diatur sejak awal kalian hendak membeli unit apartemen.

“Hal sepele seperti pintu saja tak boleh lho diganti atau pun dicat ulang. Karena memang sebagian besar apartemen aturannya begitu,” tambah Bambang Ekajaya (Wakil Ketua Umum Real Estat Indonesia).

Kemudian buat kalian yang suka hewan peliharaan juga dilarang keras membawanya ke apartemen. Untuk itu memahami seluk beluk apartemen wajib dilakukan agar kalian pun tak rugi kedepannya.