Masjid Terbesar Ketiga di Dunia Telah Diresmikan di Aljazair

Aljazair mengumumkan pembukaan Masjid terbesar di Afrika dan terbesar ketiga di dunia, setelah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Simak Selengkapnya!

Masjid Terbesar Ketiga di Dunia Telah Diresmikan di Aljazair
Masjid Terbesar Ketiga di Dunia Telah Diresmikan di Aljazair. Gambar : Anis Belghoul/AP Photo

BaperaNews - Pemerintah Aljazair mengukuhkan statusnya sebagai tuan rumah bagi salah satu keajaiban arsitektur Muslim dunia dengan peresmian Masjid Aljir Aljazair pada Minggu pekan lalu. 

Masjid ini membanggakan diri sebagai masjid terbesar di Afrika dan terbesar ketiga di dunia, setelah Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Dibangun di tepi garis pantai Mediterania, Masjid Aljir Aljazair menjadi monumen megah yang menggabungkan desain modern dengan sentuhan Arab dan Afrika Utara. 

Peresmian Masjid terbesar ini menjadi tonggak sejarah setelah bertahun-tahun penundaan dan biaya yang membengkak. Dibangun oleh Tiongkok, masjid ini awalnya dibuka untuk shalat pada tahun 2020, namun pembatasan terkait Covid-19 menghentikan shalat berjamaah di tempat ini.

Masjid ini tidak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga menara yang mengukuhkan posisinya sebagai salah satu struktur tertinggi di dunia, dengan ketinggian mencapai 265 meter (869 kaki) dan mampu menampung hingga 120.000 jamaah. 

Menyandingkan kemegahannya dengan dua masjid suci di Arab Saudi, Masjid Aljir Aljazair menyajikan landasan helikopter dan perpustakaan yang bisa menampung hingga 1 juta buku.

Baca Juga : Resmi! Kini Arab Saudi Izinkan Akad Nikah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Peresmian Masjid terbesar ini disaksikan oleh Presiden Aljazair, Abdelmadjid Tebboune, yang menghadiri acara tersebut bersama dengan para pejabat pemerintah dan tokoh agama. 

Dalam sambutannya, Presiden Tebboune menegaskan pentingnya masjid ini dalam membimbing umat Islam menuju nilai-nilai moderasi dan penolakan terhadap ekstremisme. 

Dikritik sebagai proyek yang sia-sia pada awalnya, masjid ini mulai dibangun di bawah pemerintahan mantan Presiden, Abdelaziz Bouteflika dengan biaya hampir mencapai 900 juta dolar AS. 

Bouteflika sendiri ingin menamai masjid ini sesuai dengan namanya dan meresmikannya pada Februari 2019, namun protes terhadap pemerintahannya menghentikan rencana tersebut.

Peresmian Masjid Aljir Aljazair ini diharapkan membawa angin segar bagi umat Islam di Aljazair dan seluruh dunia. 

Terutama di bulan suci Ramadhan yang sebentar lagi akan tiba, tempat ibadah yang megah ini akan menjadi pusat spiritual bagi umat Muslim di Aljazair. 

Sekretaris Jenderal Persatuan Ulama Muslim Dunia, Ali Mohamed Salabi, menyatakan harapannya bahwa masjid ini akan membimbing umat Islam menuju kebaikan dan moderasi, seperti yang disampaikan dalam peresmian tersebut.

Baca Juga : Mengunjungi Masjid Nabawi Secara Virtual, Ini Caranya!