Makin Ramai, Kereta Cepat Whoosh Bakal Tambah 4 Perjalanan di Weekend!

KCIC menambah 4 perjalanan Kereta Cepat Whoosh reguler untuk memenuhi permintaan yang terus tinggi.

Makin Ramai, Kereta Cepat Whoosh Bakal Tambah 4 Perjalanan di Weekend!
Makin Ramai, Kereta Cepat Whoosh Bakal Tambah 4 Perjalanan di Weekend. Gambar : Kompas.com/M. Elgana Mubarokah

BaperaNews - Pada tanggal 4 November 2023, jumlah penumpang kereta cepat mencapai rekor tertinggi sejak operasional perdana pada 17 Oktober 2023. Sebanyak 18 ribu penumpang menggunakan layanan Kereta Cepat Whoosh dalam satu hari. 

KCIC (PT Kereta Cepat Indonesia-China) mencatat bahwa lonjakan ini terjadi di akhir pekan, yang mayoritas digunakan oleh masyarakat untuk berlibur.

Direktur Utama KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi, menyebut animo masyarakat sangat tinggi dalam menggunakan Kereta Cepat Whoosh. Tidak hanya untuk berlibur, tetapi juga untuk urusan bisnis, bekerja, dan kepentingan lainnya.

Untuk memenuhi tingginya permintaan masyarakat, sejak 1 November 2023, KCIC telah menambah 28 perjalanan Kereta Cepat Whoosh reguler, dan jumlah tersebut kembali ditambah sebanyak 4 perjalanan kereta pada akhir pekan ini.

Sehingga total ada 32 perjalanan Kereta Cepat Whoosh reguler dalam satu hari. Ini merupakan jumlah perjalanan terbanyak per hari sejak operasional perdana.

Baca Juga : Kereta Cepat Whoosh Akan Tambah Jadwal Menjadi 28 Perjalanan Per Hari

Dwiyana Slamet Riyadi menyebutkan, "Volume penumpang Kereta Cepat Whoosh pada Sabtu, 4 November 2023, mencapai 18.053 penumpang dengan tingkat okupansi mencapai 94-100%." Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 33% dibandingkan dengan pekan sebelumnya pada Sabtu, 28 Oktober, yang mencapai 13.490 penumpang.

Peningkatan ini dikarenakan adanya penambahan jumlah perjalanan sebesar 28%, dari 25 perjalanan per hari menjadi 32 perjalanan per hari, guna mengakomodir permintaan yang terus tinggi dari masyarakat.

Tiket Kereta Cepat Whoosh untuk keberangkatan hingga 11 November 2023 juga telah terjual sebanyak 216 ribu tiket, dengan jumlah penumpang yang telah berangkat hingga 4 November 2023 mencapai 170 ribu penumpang.

Dwiyana Slamet Riyadi juga memberikan beberapa imbauan kepada penumpang Kereta Cepat Whoosh. Ia menekankan pentingnya memperhatikan jadwal keberangkatan, karena kereta ini berangkat tepat waktu dan tidak dapat menunggu penumpang.

Gate boarding akan ditutup 5 menit sebelum keberangkatan, sehingga penumpang diminta datang setidaknya 30 menit sebelum jadwal keberangkatan untuk menghindari keterlambatan.

KCIC secara berkala melakukan evaluasi terhadap layanan Kereta Cepat Whoosh, termasuk evaluasi terhadap jadwal perjalanan, integrasi moda transportasi, fasilitas di area stasiun, dan layanan penumpang.

Dwiyana Slamet Riyadi menegaskan bahwa keamanan dan kenyamanan penumpang adalah prioritas utama bagi KCIC dalam menyediakan layanan Kereta Cepat Whoosh.

Masyarakat yang ingin menggunakan layanan Kereta Cepat Whoosh dapat memesan tiket melalui aplikasi Whoosh kereta cepat, Access by KAI, Livin by Mandiri, BRImo, web ticket.kcic.co.id, atau langsung melalui loket dan ticket vending machine di stasiun.

Untuk informasi lebih lanjut dan layanan pelanggan, masyarakat dapat menghubungi customer service KCIC di stasiun, email ke [email protected], telepon ke 121, website kcic.co.id, dan sosial media KCIC di Kereta Cepat ID.

Baca Juga : Viral Atap Stasiun LRT Bocor, Netizen: Kayak Air Terjun Jewel Changi