Kronologi Kecelakaan Maut Bus Dan Truk Ayam Di Tol Cipali

Terjadi kecelakaan maut yang melibatkan truk ayam dan bus Primajasa di tol Cikopo – Palimanan (Cipali) KM 93+600 pada Minggu 3 Juli 2022.

Kronologi Kecelakaan Maut Bus Dan Truk Ayam Di Tol Cipali
Kecelakaan maut bus dan truk ayam di Tol Cipali. Gambar : kumparan.com

BaperaNews - Kecelakaan maut terjadi di jalan tol Cikopo – Palimanan (Cipali) KM 93+600 pada hari Minggu petang 3 Juli 2022, kecelakaan melibatkan truk ayam dan bus Primajasa yang menyebabkan dua orang tewas.

Diketahui, kondisi truk pengangkut ayam hancur dan bus yang berwarna putih rusak terperosok ke pinggir jalan tol.

Kepala Divisi Operasi Astra Tol Cipali, Sri Mulyo, membenarkan kejadian tersebut. Ia menjelaskan kecelakaan maut itu terjadi pada truk Mitsubishi Coltdiesel dengan bus Primajasa, ia pun mengungkap kronologi kecelakaannya.

Berawal ketika truk bermuatan ayam melaju dari Cirebon ke Jakarta terperosok ke median dan tertahan di wipe rone (pagar pembatas yang dibuat dari sling baja) jalur A Jakarta-Cirebon. Saat itu truk mengalami kecelakaan tunggal, diduga karena sopir truk ayam hilang kendali karena mengemudi dalam kecepatan tinggi.

Kemudian truk ditabrak oleh bus Primajasa yang datang dari arah berlawanan, arus lalu lintas sempat tersendat, namun masih bisa dilewati oleh pengguna jalan lainnya. Saat itu, petugas layanan keselamatan Astra Tol Cipali segera mengevakuasi 12 orang yang jadi korban luka ringan, 1 orang luka berat, dan 2 orang tewas di tempat. Korban yang tewas dari kecelakaan maut tersebut ialah kedua sopir yakni sopir truk bermuatan ayam (34) dan sopir bus Primajasa (57).

Baca Juga : Fakta Sebenarnya Dibalik Video Viral "Kebakaran Di SPBU, Usai Bayar Pakai HP"

Korban dibawa ke Radjak Hospital Purwakarta. Pihak Astra Tol Cipali selaku pengelola ruas jalan Tol Cikopo-Palimanan menghimbau para pengguna jalan agar mematuhi rambu lalu lintas, termasuk memperhatikan batas kecepatan aman yakni 60 – 100 km/jam.

Terlebih ketika kondisi menjelang petang, pandangan mata seringkali terganggu karena langit mulai gelap. Sebab itu dihimbau agar berhati-hati ketika mengemudi di jalan tol selain memastikan kondisi kendaraan dan kesehatan fisik untuk keselamatan sendiri maupun pengguna jalan lainnya.

Usai kecelakaan, kondisi di lapangan terekam dalam video oleh seorang saksi pengendara lain yang melintas. Dalam video tersebut, Nampak bus Primajasa nyungsep ke parit di sisi jalan, sedangkan truk Ayam terguling di tengah jalan. Ratusan ayam juga terkapar di tengah jalan, sementara para penumpang bus harus keluar dari kaca.