Kebakaran di Pabrik Grogol Utara, 9 Unit Damkar Dikerahkan

Kebakaran melanda pabrik di Jakarta Selatan, menyebabkan tim gabungan berupaya keras memadamkan api.

Kebakaran di Pabrik Grogol Utara, 9 Unit Damkar Dikerahkan
Kebakaran di Pabrik Grogol Utara, 9 Unit Damkar Dikerahkan. Gambar : Ilustrasi Kreator BaperaNews Via Canva

BaperaNews - Sebuah kebakaran melanda sebuah pabrik yang berlokasi di Jalan Patal Senayan, Grogol Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan pada Minggu (29/10). Upaya pemadaman serta evakuasi telah dikerahkan untuk memadamkan api, proses pemadaman berlangsung selama hampir 20 menit.

Kebakaran ini pertama kali dilaporkan sekitar pukul 12.57 WIB. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memastikan bahwa tim gabungan yang terdiri dari berbagai instansi terkait sedang berupaya keras untuk mengendalikan api yang melalap pabrik tersebut.

Salah satu upaya utama dalam pemadaman adalah dengan mengerahkan sembilan unit mobil pemadam ke lokasi kebakaran. Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan dan Damkar Jakarta Selatan berperan aktif dalam mengkoordinasikan upaya pemadaman ini. Keberadaan sejumlah mobil pemadam air memastikan api dapat segera terkendali.

Baca Juga : Kebakaran Gunung Lawu Mulai Padam Usai Disiram 215 Liter Water Bombing

BPBD DKI Jakarta melaporkan bahwa tim gabungan yang aktif di lapangan meliputi berbagai instansi, seperti PLN, PMI, AGD, Dishub, Satpol PP, Tagana, Polsek, dan Koramil.

Situasi yang berjalan masih dalam proses pemadaman dan evakuasi, dan upaya terus dilakukan untuk memastikan bahwa warga yang terdampak kebakaran telah dievakuasi dengan aman.

Kasudin Gulkarmat Jakarta Selatan, Syamsul Huda menyampaikan, api bermula dari ruang tempat penyimpanan tabung gas seluas 1,5x3 meter dengan total 5 tabung berukuran 50 kilogram.

"Total kerugian dari pemilik pabrik dan restoran tahu tersebut yakni sekira Rp30 juta," kata Syamsul.

Hingga berita ini ditulis, masih belum diketahui secara pasti penyebab pasti kebakaran tersebut serta total kerugian secara pasti. Selain itu, belum ada informasi mengenai adanya korban luka maupun korban jiwa akibat kejadian ini.

Penyelidikan terhadap penyebab kebakaran dan dampaknya masih dalam tahap awal, dan diperlukan waktu untuk mengumpulkan semua informasi yang diperlukan untuk penyelidikan lebih lanjut.

Baca Juga : Kebakaran Gunung Merbabu di Jawa Tengah Capai 400 Hektar, Ratusan Warga Terpaksa Mengungsi