Kapolri Ajak Masyarakat Untuk Rutin Lihat Informasi Mudik Lebaran 2023

Kapolri Jenderal Listyo Sigit mengungkap akan sediakan kanal khusus untuk sumber informasi masyarakat selama mudik lebaran 2023.

Kapolri Ajak Masyarakat Untuk Rutin Lihat Informasi Mudik Lebaran 2023
Kapolri Ajak Masyarakat Untuk Rutin Lihat Informasi Mudik Lebaran 2023. Gambar : Humas Setkab/Rahmat Read

BaperaNews - Kapolri Jenderal Listyo Sigit mengungkap akan sediakan kanal khusus untuk sumber informasi masyarakat selama mudik lebaran 2023. Diharapkan masyarakat aktif menyimak informasi di dalamnya agar bisa merencanakan dan menjalani mudik dengan lancar dan aman.

“Nanti kami sampaikan jalur hotlinenya, agar masyarakat bisa mendapat informasi mudik Lebaran 2023 dan bisa juga menginformasikan” tutur Sigit hari Jumat (7/4). Saat ini, penyediaan informasi mudik lebaran 2023 disampaikan Polri melalui command center yang bisa dipakai untuk pengendalian K3I yaitu kendali, komunikasi, koordinasi, dan informasi.

Maka masyarakat bisa mendapat informasi dari petugas, petugas juga bisa mendapat informasi dari masyarakat tentang suatu kejadian di lapangan ketika mudik agar jika ada kendala bisa segera diatasi.

“Jadi begitu ada informasi dari masyarakat bisa kami teruskan langsung ke anggota kami yang ada di lapangan, ke kementerian atau lembaga terkait, atau kepada teman-teman yang membidangi hal tersebut untuk diambil langkah” lanjutnya.

Sigit berharap dengan adanya informasi mudik Lebaran 2023 dua arah itu bisa membantu melancarkan mudik lebaran dan arus balik di tahun ini. 

Baca Juga : Jelang Lebaran, Jasa Marga Beri Diskon Tarif Tol Jakarta-Cikampek Hingga 20%

“Harapannya ada komunikasi dengan publik yang baik antara petugas dengan masyarakat ini bisa memperlancar proses mudik nanti, kami beri ruang untuk komunikasi dengan petugas” pungkas Kapolri Sigit.

Polri sebelumnya menggelar rapat koordinasi persiapan Lebaran 2023 yang dihadiri seluruh lembaga dan kementerian terkait seperti Menteri PUPR, Menhub, Menkes, Mendagri, Mendag, Panglima TNI, Kepala Basarnas, Kepala BNPB, Dirut Pertamina, Dirut Jasa Marga, Kepala Badan Pangan, hingga Kepala BMKG.

Semua pihak menyiapkan langkah sesuai arahan Presiden Jokowi untuk menyiapkan layanan dan keamanan mudik lebaran 2023 agar semua hal lebih baik dari tahun sebelumnya dengan judul Mudik Aman dan Berkesan.

Tahun ini diberlakukan sistem rekayasa lalu lintas satu arah, contra flow, dan ganjil genap. Diperkirakan ada 123,8 juta orang mudik di tahun ini, jumlah yang lebih besar dari tahun 2022 lalu mengingat di tahun 2023 sudah tidak ada PPKM dan kondisi pandemi makin terkendali.

Maka perlu strategi dan sistem terbaik untuk memastikan semua hal terkait mudik lebaran 2023 ini lancar sesuai target dan judul program di tahun ini yakni Mudik Aman dan Berkesan.

Baca Juga : Mau Mudik Lebaran? Catat Jadwal Ganjil Genap, One Way dan Contraflow!