Kabar Baik PeduliLindungi Kini Bisa Dipakai Di 27 Negara Uni Eropa

Kabar baik untuk Anda yang sering atau akan bepergian ke Negara Eropa, kini sertifikat vaksin covid-19 yang ada di aplikasi PeduliLindungi sudah diakui di 27 negara Uni Eropa!

Kabar Baik PeduliLindungi Kini Bisa Dipakai Di 27 Negara Uni Eropa
Kabar Baik PeduliLindungi Kini Bisa Dipakai Di 27 Negara Uni Eropa. Gambar: KOMPAS.com/Dok. Galuh Putri Riyanto

BaperaNews - Kabar baik untuk Anda yang sering atau akan bepergian ke Negara Eropa, kini sertifikat vaksin covid-19 yang ada di aplikasi PeduliLindungi sudah diakui di 27 negara Uni Eropa.

Uni Eropa sudah mengesahkan pemakaian PeduliLindungi di wilayahnya per tanggal 11 Mei 2022, pengesahan ini dilakukan dengan implementing decision yang memuat pengakuan kesetaraan dari sertifikat yang dikeluarkan di Indonesia” ujar keterangan tertulis dari KBRO Brussels hari Kamis 12 Mei 2022.

Pemberlakuan kesetaraan itu membuat QR code yang ada di PeduliLindungi bisa terbaca di 27 negara Uni Eropa, artinya warga dari Indonesia yang hendak bepergian atau tinggal di Uni Eropa tidak perlu lagi mendaftarkan QR code atau membuat kode baru secara terpisah.

“Dengan sistem saling pengakuan ini, QR Code di sistem Uni Eropa juga bisa terbaca di Indonesia, sehingga, warga Uni Eropa yang ingin bepergian ke Indonesia pun juga tidak perlu lagi mengunduh aplikasi PeduliLindungi” lanjut keterangan resmi tersebut.

Pengakuan PeduliLindungi oleh Uni Eropa ini sendiri bukanlah sesuatu yang instan, butuh proses panjang, Dubes RI di Belgia, Luksemburg, dan juga untuk Uni Eropa, Andri Hadi menyebut upaya ini ialah bentuk nyata kerjasama Uni Eropa dan Indonesia.

“Saling mengakui sertifikat vaksinasi ini diharapkan bisa berkontribusi untuk kenaikan jumlah wisatawan Eropa yang datang ke Indonesia di musim lebaran mendatang” ujarnya merajuk pada liburan kenaikan kelas yang sebentar lagi akan datang yakni sekitar bulan Juni 2022.

Baca Juga: Konten LGBT Deddy Corbuzier Yang Disorot Mahfud MD Dan Delik Di RKUHP

Sebagian besar Negara di Eropa juga sudah melakukan relaksasi pembatasan covid-19, namun tentunya sertifikat vaksin covid-19 tetap jadi sesuatu yang dibutuhkan ketika bepergian kemanapun untuk mendukung mobilitas dan memastikan keamanan dari segi kesehatan. Sejak tahun 2021, Indonesia juga sudah jadi daftar white list yang artinya boleh melakukan perjalanan ke Uni Eropa.

Berikut ini 27 negara Uni Eropa yang sudah mengakui aplikasi PeduliLindungi :

  1.       Australia
  2.       Bulgaria
  3.       Belgia
  4.       Kroasia
  5.       Ceko
  6.       Siprus
  7.       Denmark
  8.       Finlandia
  9.       Estonia
  10.   Prancis
  11.   Yunani
  12.   Jerman
  13.   Hungaria
  14.   Luksemburg
  15.   Lithuania
  16.   Italia
  17.   Irlandia
  18.   Latvia
  19.   Malta
  20.   Polandia
  21.   Portugal
  22.   Rumania
  23.   Belanda
  24.   Slovakia
  25.   Spanyol
  26.   Slovenia
  27.   Swedia

Baca Juga: Deddy Corbuzier Minta Maaf Dan Take Down Konten Video Terkait Pasangan Gay