Jokowi : Indonesia Dipercaya PBB Sampai Jadi Jembatan Damai Rusia Dan Ukraina

Jokowi sampaikan kepemimpinan Indonesia makin diakui dunia, mulai dari dipercaya Perserikatan Bangsa - Bangsa (PBB) hingga jadi jembatan damai Rusia dan Ukraina

Jokowi : Indonesia Dipercaya PBB Sampai Jadi Jembatan Damai Rusia Dan Ukraina
RI pamer dipercaya PBB sampai jadi jembatan damai Rusia dan Ukraina. Gambar : Instagram/@jokowi

BaperaNews - Presiden Jokowi memamerkan prestasi Indonesia yakni kepemimpinan Indonesia makin diakui dunia, mulai dari dipercaya Perserikatan Bangsa - Bangsa (PBB) hingga jadi jembatan perdamaian Rusia ukraina yang hingga kini masih perang.

“Indonesia diterima Rusia dan Ukraina sebagai jembatan perdamaian, dipercaya PBB sebagai Champions Global Response Group” ujarnya di Twitter (16/8).

“Tahun 2022 ini , Indonesia jadi Presiden G20 dan tahun depan jadi Ketua ASEAN” tambahnya.

Selain memamerkan kepercayaan yang diberikan untuk Indonesia dari dunia, Jokowi juga angkat bicara tentang krisis dunia.

“Krisis demi krises masih menghantui dunia. Geopolitik dunia mengancam keamanan kawasan, sebab itulah kita harus selalu Eling lan Waspodo. Ingat dan Waspada, cermat dalam bertindak, hati-hati dalam melangkah” imbuhnya lagi.

Pernyataan Jokowi tersebut disampaikan ketika dunia berkutat dengan masalah geopolitik dimana terjadi perang Rusia Ukraina. Jokowi sempat berkunjung ke kedua Negara tersebut pada Juni lalu dan membawa misi perdamaian.

Jokowi juga membawa pesan dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky kepada Presiden Rusia Vladimir Putin yang telah dikonfirmasi oleh Kremlin meski tidak dijelaskan detail seperti apa pesannya.

Baca Juga : Jokowi: RI Di Puncak Kepemimpinan Global, Meski Geopolitik Sedang Panas

Selain perang Rusia dan Ukraina, ketegangan juga terjadi di belahan dunia lain. Seperti China dan Taiwan yang kini kembali panas imbas kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi dan Kongres AS ke Taiwan beberapa waktu lalu.

Kunjungan tersebut membuat China geram dan melakukan latihan militer besar-besaran di sekeliling Taiwan. China juga memutus segala bentuk kerjasama dengan AS karena AS dianggap sebagai provokator untuk menimbulkan ketegangan China Taiwan.

Sementara itu perang yang berpuluh-puluh tahun terjadi antara Israel dan Palestina juga masih memanas hingga saat ini. Perang yang seolah tiada henti antara Israel dan Palestina memicu masalah perpecahan politik dunia.

Masalah perang memang menjadi salah satu pengaruh krisis dunia, mulai dari pangan, keuangan, hingga energi.

Indonesia hingga saat ini dalam posisi yang baik dan masih bisa bertahan. Indonesia juga menjadi Presidensi G20 tahun ini dan menjadi ketua ASEAN tahun depan.

Hal ini merupakan pertanda bahwa Indonesia mendapatkan kepercayaan lebih di mata dunia sebagaimana yang disampaikan oleh Presiden Jokowi.

Baca Juga : Dapat Bocoran Dari IMF, Jokowi: Tahun Ini Dunia Sangat Sulit, Tahun Depan Akan Gelap