6 Rekomendasi Film Kemerdekaan Indonesia, Cocok Ditonton Sebagai Inspirasi

Memperingati hari kemerdekaan, Berikut Rekomendasi film tentang kemerdekaan Indonesia yang dapat menginspirasi dan bisa dijadikan Role Model

6 Rekomendasi Film Kemerdekaan Indonesia, Cocok Ditonton Sebagai Inspirasi
6 Rekomendasi film Kemerdekaan Indonesia. Gambar : Imdb.com

BaperaNews - Libur hari kemerdekaan menjadi salah satu momen yang bisa dimanfaatkan untuk para masyarakat turut memeriahkan HUT RI Kemerdekaan yang ke-77. Selain, dengan beragam perlombaan kalian juga bisa memeriahkan kemerdekaan dengan menonton film sejarah.

Mengenal sejarah sekaligus meneladani perjuangan para pahlawan bisa menumbuhkan rasa cinta tanah air kita.

Sikap dari para pahlawan muda juga bisa dijadikan panutan atau role model untuk menginspirasimu menjadi pribadi yang lebih baik, punya daya juang tinggi, dan semangat besar untuk mengejar mimpi.

Nah untuk kalian yang ingin melihat sejarah kemerdekaan Indonesia, simak rekomendasi film sejarah kemerdekaan yang cocok ditonton untuk memperingati hari Kemerdekaan RI.

Berikut Rekomendasi Film Sejarah Kemerdekaan :

  1. Bandung Lautan Api

Poster Film Bandung Lautan Api. Gambar : flickr.com

Film ini menceritakan sebuah peristiwa besar yang terjadi pada tahun 1946-an dimana sekitar 200 ribuan penduduk kota Bandung membakar rumah mereka. Hal ini dilakukan karena mereka tidak rela memberikan tanahnya direbut oleh Belanda.

  1. Merah Putih

Poster Film Merah Putih. Gambar : imdb.com

Film ini berlatar sejarah perjuangan untuk Kemerdekaan Indonesia para peristiwa Agresi militer yang dilakukan oleh belanda pada tahun 1947 di Jawa Tengah. Film bisa menjadi salah satu pilihan film yang cocok ditonton untuk membangkitkan rasa cinta tanah air kita.

Baca Juga : Berbagai Ramalan Di Film The Simpsons Jadi Nyata, Dari Trump Hingga Perang Rusia

  1. Soekarno

Poster Film Soekarno. Gambar : imdb.com

Film yang mengisahkan kehidupan presiden pertama Republik Indonesia yakni Soekarno dibintangi oleh sejumlah aktor dan aktris ternama seperti Ario Bayu, Maudy Koesnadi, Tika Bravani, Lukman Sardy, Tata Ginting, Ferry Salim, dan lain-lain.

  1. Kartini

Poster Film Kartini. Gambar : imdb.com

Serupa dengan film Soekarno yang mengisahkan kehidupannya. Dalam film Kartini ini juga mengangkat sebuah kisah kehidupan R.A Kartini yang berjuang untuk keadilan perempuan terutama dalam bidang pendidikan. Berjuang tanpa senjata, film ini cocok untuk menginspirasi kalian memahami makna berjuang yang lebih luas

  1. Jenderal Soedirman

Poster Film Jendral Soedirman. Gambar : imdb.com

Film ini menceritkan tentang Jenderal Sudirman yang memimpin perang gerilya melawan Belanda pada saat dirinya menderita penyakit paru-paru.

  1. Bumi Manusia

Poster Film Bumi Manusia. Gambar : imdb.com

Nah, buat kamu penyuka sastra, jangan sampai kelewatan untuk menonton film ini. Film drama biografi sejarah Indonesia yang disutradarai Hanung Bramantyo juga terinspirasi dari novel berjudul sama karya Pramoedya Ananta Toer. Film ini menceritakan kegamangan Minke (Iqbaal Ramadhan antara kemajuan negara Eropa, hubungannya dengan Annelies (Mawar Eva), juga bagaimana kegigihan Nyai Ontosoroh (Sha Ine Febriyanti) memperjuangkan keadilan.

Baca Juga : Peristiwa Penting Sebelum Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945